Aktivitas di Garut

Tentang Garut

Garut adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Daerah tujuan wisata alami dan indah ini penuh dengan gunung berapi, hutan pinus, dan pedesaan subur. Garut merupakan pusat pariwisata di wilayah selatan Bandung untuk mendaki gunung, menikmati spa, danau indah, dan desa-desa yang tenang. 

Transportasi

Garut relatif mudah dijangkau. Menggunakan mobil sendiri, Garut dapat ditempuh dari Jakarta melalui jalan tol Cipularang. Dengan bus umum, Garut juga dapat dicapai dari sejumlah kota. Garut berada di jalur Garut-Tasikmalaya-Jakarta. Biasanya, penumpang bus yang ingin pergi ke Tasikmalaya dapat transit di Terminal Guntur, Garut. Beberapa rute bus antarkota pun tersedia, seperti Garut-Jakarta, Garut-Bekasi, Garut-Bandung, dan Garut-Depok. Anda juga dapat mengunjungi Garut dengan kereta api dari beberapa kota, seperti Jakarta dan Bandung.

10 Destinasi Wisata Terpopuler di Garut

Berada dalam sejuknya udara Jawa Barat, pesona Garut mampu menyedot perhatian traveler dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Daerah yang terkenal karena dodolnya ini memang punya banyak destinasi andalan.

Kampung Sampireun

Kampung Sampireun

Resort dan restoran yang ditata khas pedesaan Sunda ini dikelilingi gunung, sehingga selain pemandangannya sangat cantik, udaranya pun sejuk. Cottage berada di tepian Telaga Sampireun, berlatar belakang hutan pinus.

Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang

Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang

Surga untuk membeli kerajinan kulit, seperti tas, jaket hingga sepatu kulit. Jalan sepanjang 500 meter ini menawarkan berbagai barang berbahan dasar kulit asli dari domba, kambing atau sapi yang memikat pecinta wisata belanja dengan harga yang bersahabat.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Daya tarik utama dari Gunung Papandayan adalah kawah dan air panas. Banyak pecinta alam yang datang mendaki Gunung Papandayan untuk melihat keindahan panorama matahari terbit serta padang bunga edelweiss di Tegal Alun.

Pantai Santolo

Pantai Santolo

Tempat wisata di Garut yang paling populer yang terletak di Kecamatan Cikelet, sekitar 88 km di selatan Kota Garut. Pantai Santolo punya pasir putih yang halus lembut, dengan laut jernih kebiruan. Anda juga bisa menyeberang ke Pulau Santolo dengan perahu nelayan.

Situ Bagendit

Situ Bagendit

Danau indah ini menyimpan legenda dari tanah Jawa Barat, tentang seorang wanita kikir yang hartanya habis ditenggelamkan oleh air bernama Nyi Endit. Alam di sekitar Situ Bagendit masih terjaga dengan asri, dan Anda pun menikmati pemandangan, bermain perahu dan sepeda air, menaiki rakit dan memancing.

Candi dan Situ Cangkuang

Candi dan Situ Cangkuang

Terletak di Kecamatan Leles, Garut. Untuk mencapai candi, Anda harus lebih dulu menyeberangi Situ Cangkuang. Di dalam Candi Cangkuang terdapat Arca Dewa Siwa. Candi ini berasal dari peninggalan zaman kerajaan Hindu di abad ke-8 masehi. Dari sini juga bisa terlihat pemandangan Gunung Haruman.

Curug Orok

Curug Orok

Untuk mencapai air terjun yang paling terkenal di Garut ini, Anda harus berjalan 10 menit menembus hutan. Berada di Desa Cikandang, Cikajang, Garut, jalan menuju curug ini dihiasi hamparan perkebunan teh yang indah.

Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian Air Panas Cipanas

Destinasi wisata Garut yang populer dan terletak hanya 15 menit dari pusat kota Garut. Air panas di sini mengandung berbagai mineral yang sangat baik bagi kesehatan serta memiliki khasiat penyembuhan.

Kawah Putih Talaga Bodas

Kawah Putih Talaga Bodas

Rasakan udara pegunungan yang begitu segar, dengan air telaga berwarna biru pucat, berlatar megahnya pegunungan yang sungguh memanjakan mata. Di sini Anda dapat berendam di kolam pemandian air panas di tengah udara yang sejuk.

Arung Jeram Sungai Cimanuk

Arung Jeram Sungai Cimanuk

Jeram-jeram cadas dengan aliran air yang deras dapat membuat adrenalin Anda bekerja cepat, menambah daya tarik arung jeram yang menantang dan seru. Apalagi, Anda akan dimanjakan pemandangan alam yang asri selama pengarungan.

Tips Saat Berwisata ke Garut

Apa yang dapat dilakukan di Garut?

  • Menginap di Kampung Sampireun
  • Berkemah di Gunung Papandayan
  • Mengunjungi Kawah Kamojang
  • Relaksasi di Sumber Air Panas di Danau Bodas atau Cipanas
  • Menikmati pemandangan alam yang luar biasa di Pantai Puncak Guha atau Pantai Santolo
  • Pergi ke Air Terjun Curug Orog
  • Melihat salah satu dari sedikit situs Hindu di Jawa Barat yakni Candi Cangkuang
  • Menjelajahi Danau Bagindit dengan rakit
  • Arung jeram di Sungai Cimanuk. 

Makanan apa yang harus dicoba di Garut?

  • Dodol, dorokdok (kerupuk kulit), burayot, chocodot, ladu, ceprus, dan jeruk Garut. 

Apa yang harus dibawa ke Garut?

  • Bawalah perlengkapan mendaki jika Anda ingin pergi untuk mendaki (tabir surya, sepatu khusus, dan jaket tebal).

Bagaimana cara bepergian di Garut?

  • Dengan transportasi umum, seperti delman, ojek, dan angkot (mobil kecil)
  • Sewa mobil atau menggunakan kendaraaan pribadi dari kota asal
  • Taksi di Garut

Kapan waktu terbaik untuk pergi ke Garut?

  • Bulan Juni, Agustus atau Desember. Dalam bulan-bulan tersebut, biasanya diadakan kegiatan sosial-budaya tertentu, seperti lomba rakit (pesta cai) dan ketangkasan domba.

Apa yang harus diperhatikan ketika mengunjungi Garut?

  • Sejumlah objek wisata di Garut letaknya berjauhan. Jadi, untuk menghemat biaya dan waktu, lebih baik merencanakan tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi secara berurutan.

Di mana Kantor Pariwisata Garut?

  • Jalan Ciledug No. 120, Kota Kulon, Garut Kota, Garut
  • Phone: +62262 233529
  • Email: disbudpar@garutkab.go.id
  • Website: www.garut kab.go.id