Tentang Maluku

Kota Ambon adalah ibu kota Maluku, menempati dataran kecil di Teluk Ambon yang indah, didukung oleh pegunungan hijau subur dan menghadap air laut jernih, dengan taman karang berwarna-warni, dan spesies laut yang tak terhitung jumlahnya. Meski ukurannya kecil, Pulau Ambon masih menawarkan banyak pengalaman bagi wisatawan petualang. Dari menjelajahi Kota Ambon yang menawan, berjalan ke pegunungan melalui vegetasi tropis yang subur, Ambon memiliki banyak permata yang belum ditemukan dan siap untuk dikunjungi.

Transportasi

Wisatawan mengunjungi Ambon biasanya memulai penerbangan mereka dari Denpasar, Bali (DPS) atau Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta (CGK). Juga tersedia penerbangan ke Ambon dari Surabaya dan Makassar dan kapal dari pulau-pulau lain.

8 Tempat Menarik di Ambon

Ibu kota Maluku ini memiliki sejumlah objek wisata menarik.

Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota

Tempat wisata di Ambon yang banyak dikunjungi. Di sini terdapat banyak karang dan juga keunikan tersendiri di mana ada sebuah tebing karang rakasa yang menjorok ke laut dengan lubang besar menyerupai sebuah pintu.
 

Pantai Liang

Pantai Liang

Tempat wisata di Ambon ini memiliki hamparan pasir putih dipadu dengan air jernih kebiruan. Pada tahun 1991, dinobatkan oleh PBB sebagai pantai terindah di Indonesia.  
 

Nusa Pombo

Nusa Pombo

Terletak sekitar 1 jam dari pelabuhan di Ambon dengan menggunakan speedboat, Nusa Pombo adalah pulau tidak berpenghuni yang indah. Bawa makanan, minuman dan juga perlengkapan jika Anda mau berkemah.

Pantai Natsepa

Pantai Natsepa

Memancing atau snorkeling bisa Anda lakukan di pantai yang dihiasi air laut biru yang jernih dan pasir putih ini. Pantai ini dikenal juga dengan rujak buah segarnya yang banyak dijual di sekitar pantai.

Goa Hukurila

Goa Hukurila

Bagi yang hobi menyelam, jangan lewatkan Goa Hukurila yang merupakan goa bawah laut. Tempat wisata ini terletak di Desa Hukurila, sekitar 15 km dari pusat Kota Ambon. Goa bawah laut ini masih berada di kawasan wisata Pantai Hukurila.

Air Panas Hatuasa

Air Panas Hatuasa

Berada di tengah hutan Hatuasa, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Anda dapat menikmati hangatnya air panas ditemani semilir angin. Lokasi pemandian air panas ini berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Ambon. Air panas tersebut bersumber dari aliran air di bukit.
 

Benteng Ferangi

Benteng Ferangi

Benteng ini adalah peninggalan Portugis, Dibangun tahun 1575, Benteng Ferangi disebut juga dengan Benteng Victoria atau Benteng Kota Laha. Meriam-meriam berukuran raksasa, peta perkembangan kota Ambon dari masa ke masa, dan berbagai benda sejarah lainnya bisa Anda temui di dalam benteng ini.
 

Museum Siwalima

Museum Siwalima

Ambon juga memiliki sebuah museum untuk menyimpan benda-benda seni, budaya, atau bersejarah. Museum itu bernama Museum Siwalima. Museum ini terdiri atas dua bangunan utama, yaitu museum etnografi dan museum kelautan.
 

Tips Berwisata ke Ambon

Tips untuk Liburan ke Ambon:

  • Tidak semua tempat wisata di Ambon mudah dijangkau. Oleh sebab itu, kumpulkan informasi tentang objek-objek wisata yang ingin Anda kunjungi.
  • Jika Anda berencana naik pesawat dari Pulau Jawa ke Ambon, pilihlah penerbangan dini hari atau awal pagi agar Anda bisa langsung sightseeing di Ambon. Ingat, ada selisih waktu dua jam antara waktu di Indonesia bagian barat dan Ambon yang berada di bagian Indonesia Timur.
  • Sesampainya di Ambon, sewalah mobil atau sepeda motor atau naik ojek untuk membawa Anda berkeliling Ambon.
  • Bawalah tabir surya dan air mineral karena sinar matahari di Ambon umumnya terik.
  • Jangan sungkan bertanya dengan warga lokal. Umumnya, mereka ramah dan siap membantu Anda.