Tentang Bangka Belitung

Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Provinsi ini mencakup dua pulau besar, Bangka dan Belitung serta beberapa pulau yang lebih kecil. Bangka Belitung memiliki banyak pantai yang dihiasi dengan birunya air laut, terumbu karang, pasir putih, dan formasi batu granit raksasa. Kombinasi alami tersebut telah menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Transportasi

Melalui udara, Anda bisa pergi ke Bangka Belitung melalui 2 bandara. Pertama, ada penerbangan dari Jakarta, Batam, Palembang atau Belitung dan lain kota ke Bandara Udara Depati Amir di Pangkalpinang.
Kedua, Anda juga dapat tiba di Bandara Udara H.A.S Hanandjoeddin di Tanjungpandan. Penerbangan juga tersedia antara Tanjungpandan, Pangkalpinang, dan Palembang di Sumatera Selatan.
Alternatif lain, Anda dapat mengambil jalur laut dari Jakarta dan beberapa kota lain ke Bangka Belitung. Perjalanan dari Jakarta ke Bangka Belitung akan memakan waktu sekitar 24 jam. Dari Pangkalpinang, ada juga kapal ke Belitung dan sebaliknya.

10 Tempat Menakjubkan yang Harus Anda Kunjungi di Bangka Belitung

Pulau Bangka dan Pulau Belitung adalah dua pulau utama di Provinsi Bangka Belitung. Kepulauan Bangka Belitung memiliki ratusan pulau dan hanya puluhan saja yang berpenghuni. Kepulauan ini terkenal akan keindahan dan keunikannya. Keindahan tempat wisata di Bangka Belitung terletak pada pesona wisata baharinya yang menawan hati.

Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona

Berada di Desa Rambak, Sungailiat, atau sekitar 15 menit dari Kota Sungailiat atau 45 menit dari Pangkalpinang. Selain indah, pantai ini dilengkapi dengan beragam wahana permainan yang memikat.

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Terletak juga di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, tepatnya berada di Desa Sinar Baru, sekitar 30 KM di sebelah utara kota Pangkalpinan. Pantai ini memiliki kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil.

Pantai Tanjung Kalian

Pantai Tanjung Kalian

Inilah pantai yang bersih dan indah di mana terdapat kapal bekas Perang Dunia ke-2. Di sini juga terdapat mercu suar peninggalan Belanda yang dibangun pada 1862. Lokasinya sekitar 10 km dari Kota Muntok, Bangka Barat.

Museum Timah

Museum Timah

Bangka Belitung merupakan produsen timah terbesar di Indonesia. Museum Timah terletak di Pangkalpinang, Bangka dan ada sejak tahun 1950-an, tetapi baru diresmikan pada 2 Agustus 1997. Gedung ini juga memiliki nilai sejarah yang penting bagi kemerdekaan Indonesia.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas mempunyai mercu suar yang berusia sangat tua dan masih aktif hingga kini, yakni mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1882. Nikmati pemandangan hamparan laut biru jernih dengan bebatuan granit yang mempesona.

Pulau Memperak

Pulau Memperak

Pulau Memperak belum banyak dikenal oleh para wisatawan. Pulau ini menyuguhkan air laut yang biru kehijauan dan bersih. Keindahan alam bawah laut di pulau ini juga memukau. Snorkeling dan berenang adalah kegiatan yang tepat di sini.

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Terletak 27 km dari Tanjungpandan dengan formasi batu yang tersusun begitu memukau dan berbentuk kepala burung. Di sini juga kerap dijadikan tempat acara besar, seperti Sail Indonesia dan Sail Wakatobi – Belitong.

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Inilah pantai yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Terletak sekitar 30 km dari pusat kota Tanjungpandan. Pantai ini memiliki panorama pasir putih dan susunan bebatuan granit yang memikat.

Pulau Kepayang

Pulau Kepayang

Tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang, terdapat Pulau Kepayang. Hamparan pasir putih dan batu granitnya yang besar akan menjadi suguhan alam yang spesial. Sepanjang mata memandang, keindahannya seakan tak pernah habis.

Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi

Terletak di Belitung Timur, di Pantai Burung Mandi tidak terdapat satu pun batu granit raksasa seperti pantai lainnya. Di sini terdapat ratusan pohon pinus laut yang menjadi pembatas antara pantai dan daratan serta latar belakang Gunung Burung Mandi.

Tips Berlibur ke Bangka Belitung

Apa yang harus Anda ketahui tentang Bangka Belitung?

  • Tentukan dulu pulau yang menjadi tujuan Anda, apakah Bangka atau Belitung karena ini akan berpengaruh terhadap rincian jadwal perjalanan dan penginapan yang Anda pilih.
  • Di Belitung minim kendaraan umum. Taksi tersedia atau sewa mobil atau motor. Bawa kamera dan jangan selalu mengandalkan handphone Anda untuk memotret karena baterai handphone Anda mungkin cepat habis. Pasalnya, sejumlah area di kedua pulau tersebut tak terjangkau sinyal.
  • Snorkeling atau menyelam adalah agenda wajib saat menyambangi Bangka atau Belitung. Bawa baju renang, kacamata, tabir surya atau kacamata hitam.