Tentang Thailand

Thailand adalah tujuan wisata utama di Asia dan menawarkan sejumlah tempat untuk dikunjungi. Thailand menawarkan kerajaan yang menakjubkan dan penuh dengan wisata alam, budaya, dan sejarah yang luar biasa. Pantai indah, masakan lezat, belanja murah dan budaya yang hangat akan membuat Anda tidak pernah ingin meninggalkan Thailand.

Transportasi

Bangkok adalah satu-satunya kota di Thailand dengan BTS di atas tanah dan kereta bawah tanah MRT sebagai sistem transportasi umum. Untuk perjalanan antar kota, bis merupakan metode tercepat dan murah. Semua kota dihubungkan oleh bis yang terhubung dengan jaringan BKS (Baw Khaw Saw). Kereta merupakan metode lebih lambat tetapi menawarkan perjalanan yang lebih aman dan lebih indah. Untuk traval ke pulau besar, feri tersedia dengan jadwal reguler. Ojek dan taksi juga tersedia di kota-kota besar. Untuk pengalaman yang lebih unik, coba becak kuno roda tiga (sahm-lor) atau Bajaj bermotor (tuk-tuk).

14 Destinasi Wisata Terpopuler di Thailand

Di salah satu destinasi wisata terpopuler di Asia Tenggara ini, Anda bisa menemukan segalanya: pantai-pantai biru sebening kaca, hutan tropis yang menghijau, makanan enak, kuil-kuil (wat) cantik, pasar-pasar unik, bungalow tepi pantai yang murah, hingga hotel-hotel paling mewah di dunia. Thailand memang memiliki segala yang diinginkan oleh turis backpacker hingga kaum jetset. Sebagai negara Asia Tenggara satu-satunya yang tak pernah dijajah, Thailand memiliki segudang situs budaya dan sejarah yang berusia ratusan tahun. Wisata budaya selalu menjadi primadona di sini. Namun, mereka yang mencari sinar matahari tropis sepanjang tahun pun akan dipuaskan oleh mutiara di Laut Andaman ini.

The Grand Palace

Atraksi populer di Bangkok ini menampilkan arsitektur dan dekorasi memesona. Kompleks istana ini terdiri atas maze royal hall, kuil, artefak kuno, Wat Phra Kaeo (Temple of the Emerald Buddha), tempat rambut dan tulang asli milik Siddharta Gautama.

Phuket

IMG: Jo sh, Flickr

Phuket

Destinasi bagi Anda yang mencari pantai pasir putih, laut dan matahari dengan atraksi bagi turis, seperti Bangla Road, Wat Chalong, Phuket Old Town dengan arsitektur China-kolonial, juga akses mudah menuju Phi Phi Island, Krabi dan Phang Nga Bay.

 

Railay Beach

IMG: David Min, Flickr

Railay Beach

Destinasi panjat tebing populer di Krabi, menghadap Laut Andaman, yang hanya bisa diakses dengan perahu. Di antara keindahan pantai-pantainya yang berlaut biru, tersedia lebih dari 700 rute panjat tebing, juga sederet gua eksotik untuk dijelajahi.

 

Phi Phi Islands

IMG: David Min, Flickr

Phi Phi Islands

Kepulauan Phi Phi di Krabi memiliki banyak spot populer, seperti Maya Bay yang berlaut biru toska, Long beach yang dikenal dengan sunset indahnya, dan Monkey Beach. Anda bisa menikmati kecantikannya dengan speedboat sambil snorkeling atau berenang.

 

Mu Ko Ang Thong

IMG: Chad Galloway, Flickr

Mu Ko Ang Thong

Namanya berarti “Mangkuk Emas” merupakan taman nasional populer di Teluk Thailand. Untuk menjelajahi keindahan 42 pulaunya, Anda bisa mulai dari Ko Wua Talap. Tempat ini menawarkan pantai pasir putih dan taman laut dangkal untuk pecinta snorkeling.

 

Phang Nga Bay

IMG: Michael Zimmel, Flickr

Phang Nga Bay

Tempat indah ini memiliki banyak gua, gua akuatik dan pulau-pulau kapur yang menjulang. Salah satu yang terkenal adalah Ko Ping Kan atau James Bond Island. Salah satu cara menikmati Phang Nga adalah dengan kayak, yang bisa masuk ke dalam gua-gua.

 

Ayutthaya

IMG: Angel Kittiyachavalit, Flickr

Ayutthaya

Kota bersejarah yang menyimpan puing-puing megah Kerajaan Ayutthaya, yang mengalami puncak kejayaan di abad 16, dengan pengaruh Belanda, Portugis, Inggris, China dan Jepang karena perdagangan. Kecantikan kota masih terlihat di antara peninggalannya.

 

Floating Market

IMG: Colin Tsoi, Flickr

Floating Market

Cara baru berbelanja di dekat Bangkok, Amphawa dan Damnoen Saduak yaitu mengunjungi pasar-pasar apung yang memperlihatkan keseharian penduduk lokal. Kanal-kanal dipenuhi perahu yang menjual sayur, buah, barang unik dan ragam kuliner lezat.

 

Sukhothai

IMG: touropia.com

Sukhothai

Disebut “Dawn of Happiness,” kota tua ini menyimpan 200 set puing peninggalan kerajaan kuno, termasuk 26 kuil (wat) dan Royal Palace. Anda bisa mempelajari sejarah kota indah ini di Ramkhamhaeng National Museum, yang namanya diambil dari sang Raja.

 

Koh Nang Yuan

Pulau dengan lautan biru jernih ini menjadi surga sempurna bagi pecinta scuba diving dan snorkeling. Pantai-pantai pasir putihnya yang cantik kerap dipadati wisatawan, yang mayoritas datang dari Ko To, selain penghuni dive resort yang ada di sini.

 

Wat Arun

IMG: Lucie Debelkova, Flickr

Wat Arun

Kuil indah dan megah ini dikenal dengan “Temple of Dawn,” dengan tinggi kuil utama 85 meter. Berada di distrik Bangkok Yai di tepi Sungai Chao Praya, Wat Arun dihiasi dengan rangkaian porselen dan kerang laut dengan pola-pola berwarna nan cantik.

 

Wat Chalong

IMG: John Everingham/thebeachfrontclub.com

Wat Chalong

Kuil terpenting dan terindah di Phuket, didekorasi dengan ribuan potongan kaca kecil yang memancarkan refleksi beraneka warna, dan memiliki beberapa pagoda berbentuk khas. Di sekitarnya, Anda bisa membeli suvenir unik dan mencicipi kuliner lezat.

 

Nong Nooch Tropical Garden

IMG: Geir Valsvik, Flickr

Nong Nooch Tropical Garden

Destinasi wisata di Pattaya dengan taman maze yang sangat luas, kebun anggrek yang sangat indah, merekah dalam aneka warna, dan kebun binatang yang dapat dinikmati segala usia. Anda bisa menyaksikan pertandingan tinju atau atraksi gajah di sini.

 

Sanctuary of Truth Pattaya

IMG: Will Wang, Flickr

Sanctuary of Truth Pattaya

Didaulat sebagai tempat “keindahan surga dibangun kembali di Bumi,” bangunan yang sangat megah ini mengusung gaya arsitektur Thailand yang rumit. Setiap sudut didekorasi ukiran kayu, keseluruhan struktur dibangun untuk mengagungkan kepercayaan kuno.