Aktivitas di Riau

Tentang Riau

Riau kaya akan berbagai sumber daya alam, terutama minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit, dan perkebunan serat. Keindahan alam, sejarah, budaya, dan kehidupan sosial masyarakat setempat merupakan faktor yang membuat para pengunjung datang ke provinsi ini.

Transportasi

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru melayani rute internasional dari Singapura dan Kuala Lumpur; rute lokal dari Dumai, Rengat, dan Tanjung Pinang; dan rute dalam negeri dari Jakarta, Padang, Medan, Batam dan lain-lain.
Pekanbaru juga bisa dicapai dengan bis, mobil atau kapal laut dari Batam dan beberapa kota lainnya, termasuk Jakarta.

12 Destinasi Wisata Terpopuler di Riau

Pekanbaru merupakan ibukota dari Riau dan menawarkan wisata alam, wisata religi, taman wisata, wisata sejarah, hingga wisata budaya.

Danau Buatan Lembah Sari

Danau Buatan Lembah Sari

Dikelilingi perbukitan, tempat wisata yang berada di Desa Limbungan, 10 kilometer dari Pekanbaru ini cocok untuk piknik karena ada banyak pepohonan dan udaranya sejuk. Anda juga bisa berperahu dan bersepeda air keliling danau.

 

Masjid Agung An-Nur

Masjid Agung An-Nur

Memadukan arsitektur gaya Melayu, Arab, Turki dan India, masjid megah nan indah ini merupakan Taj Mahal-nya Pekanbaru. Bangunan utama berukuran simetris 50 x 50 meter dengan sebuah kolam besar dan air mancur tepat di depannya.

 

Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Hutan ini adalah surga tersembunyi di Riau. Durian, petai, kantong semar dan sejumlah air terjun yang masih perawan adalah ikon wisata paling menarik di sini. Taman nasional ini menjadi rumah lutung berbulu keemasan yang langka.

 

Pulau Rupat

Pulau Rupat

Pulau Rupat di Bengkalis memiliki garis pantai sepanjang 17 kilometer, dengan pasir putih halus, laut biru, dan untaian pepohonan kelapa. Pulau indah ini juga menjadi surga tersembunyi Riau, tak kalah indahnya dengan Lombok.

 

Masjid Senapelan

Masjid Senapelan

Masjid peninggalan Kesultanan Siak di Pekanbaru ini merupakan salah satu masjid tertua di Riau. Dahulu terbuat dari kayu, kini Anda bisa menyaksikan kemegahan bangunan masjid yang didominasi warna kuning emas khas Melayu ini.

 

Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim

Destinasi wisata favorit di Pekanbaru yang ramai di akhir pekan. Selain mengamati berbagai koleksi binatang yang menarik, ada juga arena bermain anak-anak seperti papan seluncur, ayunan, juga kolam pancing dan kolam renang anak.

 

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus

Candi Buddha ini merupakan peninggalan sejarah yang masih tersisa, yang konon merupakan peninggalan Sriwijaya. Pemandangan hijau di sekitar candi begitu kontras dengan bangunan kuno tersebut, dan indah untuk diabadikan.

 

Riau Fantasi

Riau Fantasi

Taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera ini juga dikenal dengan Labersa Water and Theme Park. Di sini terdapat wahana air seluncur, menara dan ember raksasa, juga kora-kora, sky tower, wave blaster, dan atraksi lainnya.

 

Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang

Di alam terbuka yang dikelilingi perbukitan ini, Anda akan dimanjakan pemandangan jembatan Leighton yang melintasi Sungai Siak. Di taman ini ada tiga kolam pancing, juga wahana flying fox, outbond, dan permainan sepeda air.

 

Anjungan Seni Idrus Tintin

Anjungan Seni Idrus Tintin

Bangunan megah di Pekanbaru ini memiliki arsitektur yang indah dan unik, berbentuk seperti rumah adat Riau. Bangunan yang tingginya menyamai gedung tiga lantai ini berfungsi sebagai pusat seni dan budaya masyarakat Riau.

 

Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

Berlokasi di kecamatan Kuantan, kabupaten Kuansing, Riau, air terjun bertingkat ini menyajikan panorama alam yang indah, di tengah sejuknya udara. Ketinggiannya bervariasi di setiap tingkat, mulai dari 5 meter hingga 30 meter.

 

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura

Istana indah ini adalah peninggalan Kesultanan Siak, kerajaan Islam terbesar di Riau pada abad ke-16 hingga 20. Anda bisa melihat patung perunggu Ratu Wilhelmina dan patung Sultan Syarif Hasyim I dari pualam bertatahkan berlian.

 

Tips Wisata ke Riau

Wisata apa yang bisa dilakukan di Riau?

  • Berkunjung ke Candi Muara Takus
  • Menikmati pemandangan indah Pelalawan
  • Menjelajahi Taman Nasional Tesso Nilo atau Taman Nasional Bukit Tiga Puluh
  • Selancar Bono di Desa Teluk Meranti
  • Rekreasi keluarga di Danau Pulau Besar atau Pulau Semur
  • Belajar metode memancing masyarakat setempat di Danau Tajwid
  • Mampir ke Monumen Ekuator
  • Menemukan hewan yang terancam punah di Suaka Margasatwa Kerumutan
  • Menyaksikan balap perahu di Desa Buluh Cina
  • Mengagumi Istana Siak Indrapura
  • Meluangkan waktu untuk melihat Museum Sang Nila Utama dan Balai Adat Melayu Riau di Pekanbaru
  • Pergi ke Masjid Raya
  • Bersantai di Air Terjun Aek Martua
  • Belanja di pasar terapung Tembilahan

Makanan apa yang harus dicoba di Riau?

  • Gulai asam pedas ikan patin, ikan selais asap, asam pedas baung, mie lender, sup tunjang, roti canai atau jala, tongkol asam padeh, dodol kedondong, gulai udang belanca, nasi kunyit, lempuk durian, laksamana mengamuk

Bagaimana dengan transportasi di Riau?

  • Di Riau, Anda bisa berkeliling menggunakan bus umum.
  • Di Pekanbaru, ada bus Trans Metro, taksi, ojek, dan sewa mobil untuk berkeliling kota atau perjalanan ke luar kota