Aktivitas di Depok

Tentang Depok

Depok adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, di perbatasan selatan ibu kota Jakarta. Kota penyangga Jakarta, kota pemukiman, kota pendidikan, kota pariwisata, pusat perdagangan dan jasa serta wilayah resapan air. Depok memiliki pusat perbelanjaan, perdagangan dan pasar tradisional. Selain itu, Depok memiliki beberapa sekolah bahasa swasta, kursus, dan lembaga pendidikan lainnya. Kota ini juga menawarkan sejumlah tempat wisata dengan keunikannya tersendiri.

Transportasi

Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Depok dapat dicapai dengan bus umum secara langsung. Kereta Api Listrik (KRL) sudah menghubungkan Depok ke Jakarta di utara dan Bogor di selatan. Di Depok, ada dua stasiun kereta utama, Depok Lama dan Depok Baru. Kereta adalah cara tercepat dan paling sering digunakan untuk melakukan perjalanan ke pusat Jakarta dan biasanya sangat ramai pada saat jam sibuk. Berbagai bus umum dari Jakarta, Banten, Bogor, dan sebagainya juga tersedia menuju Depok. Pengendara mobil dapat melewati tol Jakarta-Cikampek, Jagorawi, dan Depok-Antasari. Sedangkan pengendara motor dapat melalui jalur Ciputat, Parung, Bintaro, Pasar Minggu, atau Pasar Rebo.

12 Destinasi Wisata Menarik di Depok

Sebagai kota berada yang tak jauh dari Jakarta dan Bogor, Depok menawarkan alternatif wisata menarik bagi warga Ibukota untuk mengisi akhir pekan mereka. Kebanyakan destinasi wisata yang berada di Depok dan sekitarnya adalah wisata alam, juga ada waterpark dan wisata kuliner.

Agrowisata Belimbing Dewa

Agrowisata Belimbing Dewa

Berada di Pasir Putih, Sawangan, kita bisa memetik buah belimbing dewa yang menjadi khas kota Depok. Bunga belimbing dewa berbentuk lonceng dan berwarna kuning merah keunguan dan sangat manis. 

Godong Ijo

Godong Ijo

Ekowisata favorit ini merupakan gabungan dari wisata alam, pemancingan, dan taman vertikal. Lihat kura-kura raksasa dan ikan arapaima super besar! Cocok untuk wisata edukasi atau gathering keluarga.

Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas

Masjid termegah di kawasan Asia Tenggara yang mengikuti gaya masjid dari India dan Persia yang dibalut dengan mozaik dengan lapisan emas 24 karat. Satu kubah utama dibuat menyerupai kubah Taj Mahal.

Taman Kota Depok

Taman Kota Depok

Tempat wisata Hutan Kota Depok ini terletak di tengah kota. Cocok untuk tempat berolahraga, jalan-jalan, bersepeda atau memancing di danau. Nikmati udara segar dari pepohonan tropis di pagi hari.

Kampung 99 Pepohonan

Kampung 99 Pepohonan

Tempat yang juga dikenal dengan nama Kampung Rusa ini berada di Meruyung, Limo. Di sini kita bisa menikmati alam, mengenal flora dan fauna, serta merasakan serunya wahana outbound di alam yang asri.

Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika

Terletak di Jl Jambore, Cibubur, di sini kita bisa piknik di tengah hamparan bunga. Terdapat juga kolam renang, kolam air mancur, taman bunga, taman bermain anak, air terjun buatan, dan juga goa mini.

Pasir Putih Depok

Pasir Putih Depok

Taman wisata air dan wahana outbond yang berada di Jl Raya Pasir Putih, Sawangan. Terdapat kolam renang, trampolin, flying fox, dan ATV. Disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri.

Depok Fantasy Water Park

Depok Fantasy Water Park

Dikenal sebagai Waterboom Depok di Depok Grand City yang dibuat dengan tema 1001 Malam. Aladdin dan Putri Yasmin akan menyambutmu dan lihatlah bangunan istana padang pasir dengan kubah berwarna-warni.

Cagar Alam Pancoran Mas

Cagar Alam Pancoran Mas

Hutan konservasi yang berada di Jl. Cagar Alam ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dikenal dengan nama Taman Hutan Raya ini merupakan tempat hidup beberapa jenis satwa dan aneka tanaman.

Pondok Zidane

Pondok Zidane

Terletak di Jl. Rawa Bengkok, Kampung Perigi, Bedahan,Sawangan. Tempat ini menawarkan wisata alam, outbound dan edukasi. Di sini kita bisa naik rakit, memancing, menangkap ikan, atau flying fox.

Studio Alam TVRI Depok

Studio Alam TVRI Depok

Pengunjung akan dikenalkan dengan 19 rumah adat tradisional khas suku-suku di Indonesia. Di studio ini, Anda juga bisa melakukan aktivitas keluarga seperti jalan-jalan, bersepeda, dan juga berkuda.

D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang Amazing Farm

Terletak di tengah pedesaan Sawangan, lihatlah kehidupan peternakan yang menarik. Pelajari berbagai jenis sapi lokal ataupun dari luar, yang berwarna putih, coklat, belang-belang, hitam, dan albino.

Tips untuk Mengunjungi Depok

Apa yang bisa dilakukan di Depok:

  • Berkunjung ke Masjid Dian Al Mahri (Masjid Kubah Emas)
  • Berkuda di Arthayasa Stables & Country Club
  • Rekreasi keluarga di Aquatic Fantasi
  • Pergi piknik di Zidane Water Park
  • Bersenang-senang sambil mendapat pengetahuan di Agro Wisata Belimbing Dewa
  • Jalan-jalan di Margo City

Makanan apa yang harus dicoba di Depok? 

  • Dodol Depok
  • Aneka makanan atau minuman yang berbahan baku utama dari belimbing khas Depok

Bagaimana dengan transportasi di Depok:

  • Di dalam kota, angkutan umum (angkot) merupakan sarana utama transportasi di Depok. Jadi, Anda bisa menjelajahi Depok dengan kendaraan umum.
  • Paling nyaman adalah untuk menggunakan kendaraan pribadi

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Depok?

  • Tanggal 27 April adalah tanggal ulang tahun Depok. Biasanya, pemerintah setempat mengadakan berbagai acara untuk memeriahkan ulang tahun Depok.
  • Namun, satu hal yang harus dipertimbangkan adalah lalu lintas. Sejak berkembang pesat, kemacetan menjadi pemandangan sehari-hari di kota ini, terutama di jalan utamanya, yakni Margonda.

Di mana Kantor Pariwisata Depok?

  • Dibaleka II Komplek Balaikota Depok Lantai 9, Jl. Margonda Raya No. 54 Depok, Jawa Barat
  • Telepon : +6221 29402271
  • Web: www.disporaparsenbud.depok.go.id