Tentang Jakarta

Jakarta adalah ibu kota Indonesia. Sebagai pusat ekonomi dan politik, Jakarta menarik banyak imigran domestik yang turut membawa bahasa, dialek, makanan, dan tradisi. Hal ini membuat Jakarta “berwarna” dengan berbagai sejarah, budaya, kegiatan ekonomi, dan tempat-tempat wisata.

Transportasi

Terdapat dua bandara internasional, Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusumah. Jakarta juga dapat dicapai dengan transportasi laut melalui pelabuhan Tanjung Priok dari pulau-pulau lain di Indonesia. Di dalam kota, tersedia bis TransJakarta (dikenal sebagai busway), bis lainnya atau taksi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jasa sewa mobil dengan sopir pribadi. Kota-kota sekitar Jakarta juga dilayani oleh kereta api Jabotabek (KRL), sebuah sistem transportasi massal untuk melayani penumpang yang umumnya tinggal di kota-kota sekitar Jakarta. Beberapa bus umum juga memiliki rute yang menghubungkan Jakarta dan sekitarnya. Beberapa stasiun bus besar adalah Kampung Rambutan, Pulo Gadung, dan Kali Deres.

10 Tempat yang Harus Dikunjungi di Jakarta

Jakarta adalah kota metropolitan di Indonesia yang maju pesat, dengan banyaknya perkembangan bisnis, industri, dan juga pembangunan. Jakarta tidak hanya tempat pemerintahan nasional dan pemerintah provinsi, kota ini juga pusat politik Indonesia. Kemacetan mudah ditemui di jalan-jalan di Jakarta. Meski begitu, kota ini juga masih menyimpan lokasi-lokasi menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas)

Monas merupakan monumen setinggi 132 m dengan lidah api berlapisi emas di puncaknya di tengah Lapangan Merdeka, Jakarta Pusat. Dibangun untuk memperingati perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Museum Nasional Indonesia (Museum Gajah)

Museum Nasional Indonesia (Museum Gajah)

Berusia dua abad, museum ini terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Tempat ini merupakan museum arkeologi, sejarah, etnologi, dan geografi. Sering dikunjungi untuk wisata edukasi.

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Taman rekreasi terbesar dan paling populer di Jakarta dengan berbagai atraksi menarik seperti Dunia Fantasi, Pasar Seni, Marina Ancol, dan pantai. Di sini juga terdapat hotel, restoran, dan golf.

Pasar Baru

Pasar Baru

Datanglah ke sini untuk bernostalgia menyusuri jalan kenangan di Pasar Baru. Anda akan menemukan banyak toko yang menjual pakaian, jam tangan, kacamata dengan harga relatif murah dan bisa ditawar.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Terletak di bagian timur kota, di mana terdapat paviliun dari setiap provinsi di Indonesia dan juga museum. Jangan lewatkan untuk naik cable car dan lihat peta dekoratif Indonesia dari atas.

Kota Tua

Kota Tua

Di sini terdapat banyak bangunan bersejarah yang dibangun sejak zaman kolonialisme Belanda. Kunjungi Museum Sejarah Nasional (Museum Fatahillah), Museum Seni Rupa dan Keramik serta Museum Wayang.

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral

Temukan masjid terbesar di Indonesia serta Gereja Katedral dengan gaya neo-gothic yang terletak di seberangnya. Bukti dari toleransi dan harmoni yang ditawarkan dalam arsitektur yang menawan.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, berdiri pada tahun 1864 dan pindah ke lokasi  sekarang di tahun 1966. Tempat ini dihuni oleh 295 spesies, 4.040 spesimen, dan 30.000 tanaman dari 250 jenis.

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Ideal untuk trip satu hari, liburan akhir pekan, menyelam, snorkeling, dan memancing. Sebagian besar pulau telah dihuni dan dapat dicapai sekitar 1-2 jam dengan feri atau kapal dari Teluk Jakarta.

Setu Babakan

Setu Babakan

Terletak di Jagakarsa, tempat ini merupakan pelestarian dari seni dan budaya suku Betawi. Lihatlah rumah Betawi asli, upacara tradisional, mencoba makanan khas, atau bersantai di tepian danau.

Apa yang harus Anda ketahui tentang Jakarta?

Kapan waktu terbaik untuk ke Jakarta?

  • Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah pada April-Oktober karena itu periode musim kemarau.

Bagaimana untuk transportasi di Jakarta?

  • Jakarta adalah pintu gerbang internasional utama ke Indonesia dengan koneksi bus, kereta api, pesawat udara, dan kapal yang luas.
  • Hindari perjalanan pada hari kerja karena Anda akan bertemu kemacetan hampir di setiap sudut Jakarta.
  • Jika Anda berencana untuk menggunakan taksi untuk berkeliling di Jakarta, pilihlah taksi yang resmi seperti Blue Bird.
  • Tapi, jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, ada bus Trans Jakarta. Trans Jakarta adalah transportasi umum yang telah terintegrasi ke hampir seluruh Jakarta.

Apa yang bisa dilakukan di Jakarta?

  • Berkunjung ke Masjid Istiqlal, melihat Gereja Katedral
  • Trip sehari ke Kepulauan Seribu
  • Mengetahui sejarah Jakarta di Kota Tua Jakarta dan berbagai museum, Chinatown (Glodok), dan Pelabuhan Sunda Kelapa
  • Menonton film di Keong Emas dan mengenal Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah
  • Menghadiri seni pertunjukan di Taman Ismail Marzuki
  • Masuk ke Suaka Margasatwa Muara Angke
  • Rekreasi di Taman Impian Jaya Ancol
  • Mendatangi berbagai festival seperti Indonesia Fashion Week, Jakarta International Java Jazz Festival, Jakarta International Film Festival atau JiFFest
  • Ada sekitar 170 mal di Jakarta, yang berarti 170 tempat Anda dapat bertemu teman-teman Anda, berbelanja, atau hanya hang out.
  • Ada banyak pilihan akomodasi dan restoran di Jakarta. Selain itu, ada bank di seluruh kota dan Anda tidak akan pernah jauh dari ATM atau mini market di Jakarta.
  • Jika Anda ingin berbelanja di pasar tradisional, jangan ragu untuk menawar.

Apa makanan yang harus dicoba di Jakarta?

  • Gado-gado, kerak telor, dodol, soto Betawi, ketoprak and es doger