Tentang Raja Ampat

Gugus Kepulauan Raja Ampat terdiri dari empat pulau besar, Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil lain. Tak hanya dikenal sebagai surga tropis terindah di Indonesia, sebanyak 75% spesies laut dunia ditemukan di perairannya. Raja Ampat menyajikan fenomena bawah laut terbaik di dunia. Di Raja Ampat, penyelam dapat menjelajahi dinding vertikal bawah air yang megah dan dipenuhi koral indah. Dengan banyaknya spesies karang di Raja Ampat, tempat in juga memiliki banyak spesies ikan karang. Selain itu Anda bisa melihat manta raksasa, ikan duyung, kuda laut, ikan barkuda, hiu karang, hiu paus, penyu, tuna, dan lain-lain. Sisa-sisa perang dunia kedua juga masih bisa Anda temukan di perairannya, misalnya bangkai pesawat perang di dekat Pulau Wai. Secara keseluruhan, pengalaman menjelajahi keindahan Raja Ampat adalah pengalaman paling spektakuler yang bisa Anda dapatkan.

Transportasi

Terbang selama 6 jam dari Jakarta ke Sorong dengan transit di Manado atau Makassar. Atau, Anda juga dapat terbang dari Bali. Kapal feri tersedia yang menghubungkan lokasi wisata di Raja Ampat dengan wilayah-wilayah lainnya. Bus umum juga tersedia di Kota Sorong.

6 Obyek Wisata Paling Spektakuler di Raja Ampat

Raja Ampat menyajikan pemandangan dunia laut terbaik. Penyelam dapat menjelajahi dinding vertikal bawah air dengan sensasi drifting yang menantang.

Kepulauan Wayag

Kepulauan Wayag

Kumpulan bukit dan gunung karst yang membentuk formasi indah berwarna hijau di tengah birunya laut menjadi ikon Raja Ampat. Untuk menikmati keindahannya, Anda harus trekking 1 jam ke puncak bukit.

Pulau Waiwo

Pulau Waiwo

Di Pulau Waiwo di Waisai, tak hanya indahnya pulau yang bisa Anda nikmati, tapi juga keindahan alam bawah lautnya yang bagai taman rahasia. Semua sangat indah, dengan kecantikan dan pengalaman tak terbayarkan.

Bukit Pianemo

Bukit Pianemo

Di sinilah Anda bisa melihat pulau-pulau karang dengan aneka ukuran yang ada dalam satu kawasan luas. Airnya biru toska jernih dan alamnya amat menakjubkan. Kelilingi gugusan pulau, berlayar di laguna dan snorkeling.

Pulau Misool

Pulau Misool

Pulau ini menawarkan keindahan pantai dan surga bawah laut yang spektakuler. Anda bisa menyelam dan melihat ragam terumbu karang, berbagai jenis ikan, penyu, pari, hiu, dan hewan laut lainnya.

Kepulauan Gam

Kepulauan Gam

Mutiaranya Raja Ampat ini memiliki pantai pasir putih surgawi berhias nyiur. Anda bisa snorkeling di Pulau Gam, menikmati keindahan bawah laut yang luar biasa. Anda pun bisa melihat burung Cendrawasih yang eksotis.

Pulau Arborek

Pulau Arborek

Satu lagi pulau dengan kecantikan tak tertahankan, dengan pantai berair biru jernih berhias pepohonan kelapa. Selain pantai indah yang landai, bawah lautnya keren. Cobalah Diving dan snorkeling sepuasnya di sini.

Tips Liburan ke Raja Ampat

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Raja Ampat?

  • Oktober atau November adalah bulan terbaik untuk menyelam di Raja Ampat karena laut biasanya datar dan sempurna untuk fotografi.
  • Bawalah kamera bawah air sendiri, obat anti-nyamuk, obat anti-malaria, tabir surya, dan topi.

Kegiatan apa yang bisa dilakukan di Raja Ampat?

  • Menyelam, snorkeling, berlayar, kayak
  • Menjelajahi pulau-pulau dengan perahu
  • Menikmati keindahan pulau-pulau Karst di sekitar Pulau Wayag
  • Menjelajahi goa-goa kelelawar
  • Memancing menggunakan teknik tradisional Papua
  • Trekking untuk menemukan air terjun

Makanan apa yang bisa dicoba di Raja Ampat?

  • Cacing laut goreng, sup ikan kuning, sate ulat