Tentang Bandung

Dikelilingi oleh pegunungan hijau, kini Bandung menjadi daerah dengan banyak daya tarik wisata. Iklim sejuk dari area perkebunan dataran tinggi, variasi kuliner, beragam objek wisata atau tempat berbelanja adalah beberapa pemikat kota ini. Akrab disebut Parahyangan, yang bermakna ‘tanah bersemayamnya Dewa’, Bandung memiliki suasana, baik metropolitan maupun rumahan, yang nyaman. Penuh dengan restoran, factory outlet, dan mal, banyak orang bepergian ke Bandung dengan meninggalkan kesan yang menyenangkan. 

Transportasi

Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung juga melayani penerbangan domestik langsung ke berbagai kota di Indonesia dan negara-negara lain. Bandara ini terletak hanya 4 km dari pusat kota. Bandara internasional yang lebih besar terdekat adalah Soekarno-Hatta di Jakarta.
Tol Cipularang yang menghubungkan Jakarta, Karawang, Purwakarta, Padalarang, dan Bandung. Jarak tempuh Jakarta-Bandung melalui jalur ini rata-rata sekitar 2 jam. Untuk akses dari kota lain, Bandung dapat diakses melalui jalan utama provinsi.
Kereta api adalah pilihan ideal jika Anda ingin menikmati perjalanan di mana mata Anda akan dimanjakan oleh perbukitan hijau yang bergelombang, sawah bertingkat, dan perkebunan teh. Dari Jakarta, perjalanan ke Bandung dapat ditempuh dalam waktu 3 jam dari stasiun Gambir, Jakarta. Selain itu, ada rute-rute kereta api lainnya dari beberapa kota di Indonesia menuju Bandung.
Bis umum yang nyaman juga tersedia untuk membawa Anda ke Bandung dari kota-kota lain, termasuk langsung dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta.
Juga terdapat shuttle atau mobil sejenis van di bandara dan area tertentu lainnya di Jakarta.

10 Tempat Wisata Terbaik di Bandung

Bandung adalah kota yang sangat populer di kalangan orang Jakarta dan juga dari Malaysia dan Singapura, khususnya di akhir pekan. Pengunjung biasanya datang untuk belanja, makanan, atraksi alam dan hawa sejuknya.

Gedung Sate

Gedung Sate

Simbol kota Bandung. Dibangun dan digunakan oleh perusahaan Belanda, gedung ini memiliki 6 ornamen yang melambangkan 6 juta guldens yang terlihat seperti tusuk sate. Gedung ini sekarang digunakan sebagai kantor gubernur Jawa Barat.

Kawah Putih

Kawah Putih

Berada sekitar 2 jam dari Bandung, di dataran tinggi. Kawah Putih adalah salah satu dari dua kawah yang membentuk Gunung Patuha, sebuah gunung berapi. Tempat ini dibuka untuk pengunjung pada tahun 1987. Danau kawah ini terletak 2.430 meter di atas permukaan laut sehingga beriklim sejuk sampai 10 derajat Celcius.

Punclut atau Puncak Ciumbuleuit

Punclut atau Puncak Ciumbuleuit

Terletak 7KM dari pusat kota Bandung, kawasan perbukitan yang biasanya digunakan untuk tempat berolahraga di pagi hari, dan juga menikmati beragam kuliner Bandung. Nikmati indahnya pemandangan kota Bandung dari atas bukit, terutama di malam hari.

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha

Observatorium tertua di Indonesia yang terletak di Lembang, Jawa Barat, sekitar 15 KM (9,3 mil) utara dari Bandung. Anda dapat melihat benda-benda luar angkasa serta meningkatkan pengetahuan. Jika berencana untuk datang pada malam hari, Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Museum Geologi

Museum Geologi

Berdiri sejak tahun 1928, museum ini adalah salah satu objek wisata di Bandung yang ramai dikunjungi. Koleksi yang dimiliki adalah bebatuan, fosil, dan mineral. Pelajari tentang bencana alam, bumi, pemanfaatan sumber daya dengan benar dan cara mengolah energi.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Dago pakar)

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Dago pakar)

Kawasan konservasi yang terpadu antara alam dengan hutan tanaman yang terletak di Bandung dengan luas sekitar 590 hektar membentang dari kawasan Dago Pakar sampai Maribaya. Berada di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Cimenyan, pada ketinggian antara 770 - 1.330 mdpl.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Destinasi wisata Bandung yang populer. Tujuan wisata keluarga yang murah di Bandung serta memberi banyak manfaat positif bagi anak-anak. Ratusan satwa, berbagai wahana, dan pepohonan rindang membuat tempat ini memang menjadi lokasi tepat untuk mengisi liburan.

Situ Patenggang

Situ Patenggang

Pesona alam yang ada di Bandung, tepatnya ada di Ciwidey, tidak jauh dari Kawah Putih. Terlihat hamparan kebun teh hijau laksana sebuah karpet alam yang terbentang indah. Anda bisa melakukan bersepeda air, memancing, mengunjungi Batu Cinta, berkeliling Pulau Asmara, berjalan keliling kebun teh, atau sekadar berpiknik di pinggiran danau.

Jalan Dago

Jalan Dago

Bagi Anda yang ingin mencari tempat berbelanja di Bandung, di jalan ini, Anda akan menemukan banyak sekali factory outlet. Pakaian, tas, sepatu, dan aksesoris lainnya dengan mudah Anda jumpai di sana. Selain berkualitas baik dan banyak pilihan, harga produk yang dijual umumnya lebih murah dibandingkan di tempat lain.

Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu berlokasi sekitar 1,5 jam dari pusat Bandung. Lokasi ini merupakan kawah lain dari gunung berapi Indonesia yang layak dikunjungi, terlebih pemandangan dari atasnya sungguh mengagumkan. Tangkuban Perahu mungkin tak seindah Kawah Putih, tapi masih menjadi lokasi yang tepat untuk liburan.

Tips Wisata ke Bandung

Bagamana dengan transportasi di Bandung?

  • Bandung sangat mudah dijangkau, baik dengan bus, kereta api, pesawat terbang, atau kendaraan pribadi.
  • Selesainya pembangunan Jalan Tol Cipularang memangkas waktu perjalanan dari Jakarta dan kota-kota lain sekitarnya.

Apa yang bisa dilakukan di Bandung?

  • Selain belanja, banyak wisatawan ke Bandung untuk menikmati kulinernya. Ibukota Provinsi Jawa Barat ini memang terkenal dengan aneka hidangannya.
  • Tempat-tempat kuliner di Bandung bertebaran, mulai dari konsep kafe, kaki lima hingga hotel berbintang.

Apa yang harus diperhatikan ketika berlibur ke Bandung?

  • Hal yang perlu Anda persiapkan adalah payung atau pakaian hangat saat berkunjung ke sana, terutama saat musim penghujan (November-Maret).
  • Kemacetan di Bandung sering terjadi saat akhir pekan di mana warga kota-kota sekitarnya banyak yang berlibur ke Bandung.
  • Hindari berkunjung ke lokasi-lokasi yang letaknya berjauhan, terlebih jika Anda hanya memiliki waktu sedikit untuk berlibur.
  • Penginapan hotel berbintang hingga homestay yang disewakan banyak tersedia di Bandung.