Tentang Korea

Transportasi

Maskapai penerbangan nasional Korean Air dan Asiana Air memiliki rute reguler ke seluruh penjuru negeri. Penerbangan low cost juga banyak tersedia. Penerbangan internasional biasanya akan tiba di Bandara Internasional Incheon, sedangkan penerbangan domestik di Gimpo. Seoul, Busan, Daejeon, Daegu, Gwangju dan Incheon terhubung dengan sistem kereta bawah tanah. Bus, kereta bawah tanah, taksi dan kereta tarif semua bisa dibayar menggunakan kartu isi ulang, Touch-n-Go yang disebut T-Money Card. Anda juga bisa mendapatkan KR Pass untuk kereta. Feri menghubungkan daratan ke ratusan pulau di Korea. Anda harus lebih berumur di atas 21 tahun dan memiliki izin mengemudi internasional untuk berkendara di Korea.

12 Destinasi Wisata Terbaik Korea Selatan

Bicara tentang Korea Selatan, Anda pasti langsung teringat anggota boyband, girlband dan pemeran drama Korea yang semuanya berpenampilan elok rupawan. Well, walaupun Anda bukan termasuk penggemar K-Pop, image seperti itu memang sudah melekat, bukan? Bukan hanya bintang-bintang K-Pop saja yang rupawan. Ternyata, Korea Selatan juga punya banyak destinasi indah menawan yang siap membuat para traveler terpesona. Mulai dari pantai, gunung, pedesaan hingga perkotaan, ini dia destinasi wisata paling populer di Korea Selatan.

Pulau Jeju

IMG: Light of Peace, Flickr

Pulau Jeju

Jeju atau Jejudo, destinasi honeymoon terkenal dunia karena sunset, sunrise dan padang bunga liarnya yang memukau. Pantai pasir putih dengan laut biru juga ada di sini, selain taman dewasa Loveland, museum Teddy Bear, desa tradisional, juga keindahan alam berupa pegunungan, tebing batu dan air terjun.

 

Pulau Nami

IMG: 

Pulau Nami

Nami atau Namiseom yang dipopulerkan serial Korea Winter Sonata memang sangat romantis. Setiap empat musimnya (musim semi, gugur, dingin dan panas) memiliki pesona berbeda. Pulau yang jadi pusat seni dan budaya Korsel ini memiliki musim gugur sangat indah, diselimuti dengan daun-dain keemasan.

 

Bukchon Hanok Village

Senang melihat kehidupan desa di film kolosal Korea? Di sini, Anda bisa melihat kehidupan desa tradisional Korea secara langsung! Di Hanok Village, tak hanya ada rumah-rumah tradisional dan merasakan atmosfer desa yang tenang, kehidupan dan budaya masyarakatnya juga bisa Anda rasakan langsung.

 

Istana Gyeongbokgung

Sisa kejayaan Dinasti Joseon yang pernah menguasai Korea bisa disaksikan di istana megah ini. Istana Gyeongbokgung merupakan yang terindah dan terbesar dari lima istana yang dibangun pada masa Dinasti Joseon. Anda pun bisa melihat dari dekat detail artistektur, interior, dan benda peninggalan Joseon.

 

Everland

IMG: IN CHERL KIM, Flickr

Everland

Inilah theme park terbesar di Korsel yang memiliki kebun binatang dan lebih dari 40 atraksi dan wahana yang menarik juga mendebarkan. Everland juga didekorasi dengan amat menawan, dengan sangat banyak rangkaian bunga indah, taman-taman cantik, dan bangunan klasik gaya Eropa yang berwarna-warni.

 

Lotte World

IMG: Dante, JKPix, Flickr

Lotte World

Yang satu ini adalah theme park indoor terbesar dunia, dengan taman hiburan outdoor “Magic Island”, sebuah pulau buatan di tengah danau terhubung dengan monorail, pusat perbelanjaan, hotel mewah, museum, bioskop, dan sebagainya. Wahana yang populer adalah Gyro Drop, Gyro Swing, dan Flume Ride.

 

Jinhae

Distrik Jinhae-gu yang tak jauh dari Busan menawarkan pemandangan spektakuler kebun-kebun bunga sakura nan romantis. Musim semi, tempat ini dipenuhi pengunjung yang ingin melihat keindahan sakura di setiap sudut, sambil menikmati kuliner dan berbagai gelaran festival yang sering diadakan di sini.

 

Jeongseon-gun

Sensasi keindahan alam dan kekayaan budaya, serta tentramnya kehidupan desa ada di lembah Jeongseon. Selain keindahan alam, tempat ini menawarkan ikan-ikan segar, rumah-rumah tradisional dengan kincir airnya, kimchi buatan sendiri, kain-kain cantik, dan kerajinan tangan yang bisa dilihat di Desa Arari.

 

Istana Changdeokgung

IMG: Edric Lee JJ, Flickr

Istana Changdeokgung

Istana Changdeokgung merupakan villa kerajaan Dinasti Joseon yang dibangun setelah Gyeongbukgung tahun 1405. Keaslian arsitektur dan detail bangunannya masih terjaga hingga kini. Istana cantik ini memiliki taman indah yang membuat Anda membayangkan para raja, ratu, dan putri Korea di masa lampau.

 

Pulau Ulleung

IMG: Korea Tourism Organization

Pulau Ulleung

Disebut “Pulau Misterius”, Ulleung-do menawarkan panorama mempesona dari Seaside Road dengan berbagai formasi bebatuan yang aneh, tebing-tebing yang menjorok ke lautan, dan beberapa air terjun yang siap memukau Anda. Pastikan Anda punya banyak waktu untuk mengagumi pemandangan alam nan megah ini.

 

Seomjin River Train Village

IMG: Korea Tourism Organization

Seomjin River Train Village

Jalur kereta api kuno membentang dari Kudos ke Gokseong ini dimanfaatkan menjadi atraksi turis yang menarik yang menyenangkan, dihiasi bunga-bunga matarari nan ceria di sepanjang jalur. Pegunungan di kejauhan menjadi pemandangan selama Anda menikmati perjalanan dengan lokomotif kuno atau sepeda.

 

Bomun Pavilion di Gyeongju

IMG: Mea Hurley, Pinterest

Bomun Pavilion di Gyeongju

Di Ibukota kuno Dinasti Shilla ini, ada satu lagi tempat untuk menikmati empat musim: dedaunan hijau nan ceria di musim semi, pantulan warna kuning keemasan di danau saat musim gugur, romantisnya paviliun bertabur sakura di musim semi, dan musim dingin berselimut salju putih di “museum tanpa tembok” ini.