Aktivitas di Mentawai

Tentang Mentawai

Kepulauan Mentawai merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Sebagian besar wilayah daratan Kepulaun Mentawai masih berupa hutan. Mentawai juga memiliki beberapa spesies endemik yang dilindungi. Tidak hanya itu, ratusan titik berselancar tersedia dengan pantainya yang masih asri. Plus, peradapan zaman neolitikum masyarakat aslinya masih bisa ditemui. Lengkaplah, Kepulauan Mentawai untuk wisata berpetualang, budaya, dan bahari.

Transportasi

Kepulauan Mentawai bisa dijangkau dengan pesawat udara dari Padang. Dari Bandara Internasional Minangkabau terdapat penerbangan menuju Bandara Rokot di Mentawai. Sementara Muara Siberut dapat ditempuh dengan naik kapal motor selama 10–12 jam dari Padang, Sumatera Barat. Untuk menjangkau sejumlah lokasi selancar, maka Anda dapat menggunakan kapal motor atau pesawat perintis.

Mengenal Mentawai

Destinasi Wisata Paling Mengagumkan di Mentawai

Kepulauan Mentawai dengan alamnya yang cantik mempesona lebih banyak dikenal oleh turis mancanegara dibandingkan orang Indonesia sendiri. Padahal, pulau yang menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Barat ini menyimpan begitu banyak potensi wisata yang juga bisa dinikmati wisatawan lokal. Kepulauan yang menjadi surganya peselancar ini memiliki banyak pantai indah yang mayoritas berpasir putih dan airnya biru jernih. Selain alamnya, budaya penduduk asli Mentawai yang eksotik juga sangat menarik untuk dieksplorasi.

Pulau Sipora

Pulau Sipora

Letaknya sangat strategis, berada di tengah-tengah antara Kepulauan Pagai dan Pulau Siberut. Pulau indah ini menjadi favorit para surfer karena ombaknya yang dapat ditunggangi sepanjang tahun. Ombak terbaik ada di bulan April - Oktober.

Desa Sikakap

Desa Sikakap

Daerah Sikakap merupakan rumah dari sejumlah pantai dengan lautnya yang biru dan tenang. Anda harus mendatangi Pantai Mabola Indah di Dusun Mabola, dan Bakkat Binuang dengan pantai cantik dan kehidupan bawah air yang mempesona.

Pulau Siberut

Pulau Siberut

Pulau terbesar di Mentawai di mana Anda bisa melihat kehidupan Suku di rumah panggung, dan melihat aktivitas membuat sagu, menato tubuh, membuat racun panah, melaksanakan ritual adat, ritual pengobatan, dan menjahit pakaian tradisional.

Taman Nasional Siberut

Taman Nasional Siberut

Taman nasional di Pulau Siberut ini menunggu untuk dijelajahi. Hutan yang masih alami ini menjadi rumah bagi pohon-pohon raksasa yang tingginya lebih dari 60 meter. Taman Nasional Siberut yang dihuni berbagai jenis primata juga memiliki hutan bakau.

Desa Madobak

Desa Madobak

Selain memiliki Air Terjun Kulu Kubuk yang sedingin es, Desa Madobak juga menyajikan pesona budaya masyarakat asli Mentawai. Anda bisa menyaksikan upacara tradisional yang dilakukan  oleh Sikerei untuk mengusir roh jahat.

Pulau Nyang Nyang

Pulau Nyang Nyang

Pulau ini menjadi tempat favorit para peselancar untuk memburu ombak Mentawai, yang merupakan ombak sebagai terbaik ketiga di dunia setelah Hawaii dan Tahiti. Pulau ini memiliki keistimewaan lain berupa keindahan alam tropis yang eksotis.

Pantai-Pantai Indah Mentawai

Pantai-Pantai Indah Mentawai

Karakter utama pantai-pantainya adalah pasir putih, berpadu dengan birunya air laut yang jernih. Sebut saja Pantai Tuapejat, Katiet, Betaet, Mapaddegat, Makakang di Sipora Utara, Katiet di Sipora Selatan, dan Simatalu di Siberut Barat yang sangat elok.

Dua Titik Ombak Kelas Dunia

Dua Titik Ombak Kelas Dunia

Dua titik ombak Lances Right dan Macaronies di Mentawai termasuk 10 titik terbaik di dunia karena ombaknya selalu konsisten. Tercatat ada 71 titik lokasi selancar dengan 49 titik yang masuk kategori eksklusif, yang dirahasiakan oleh para peselancar.

Tips Liburan ke Mentawai

Apa yang bisa kamu lakukan di Mentawai?

  • Berselancar di ratusan titik (misalnya Nyang-Nyang, Karang Bajat, Karoniki, Pananggelat Mainuk, Katiet Basua, dan Pagai Utara)
  • Snorkelling atau menyelam
  • Mengunjungi beberapa desa budaya (seperti Desa Madobak, Ugai, dan Matotonan)
  • Mengikuti ecotourism ke Taman Nasional Siberut
  • Melihat Air Terjun Kulu Kubuk
  • Trekking menyusuri pedalaman hutan

Makanan apa yang harus dicoba di Mentawai?

  • Keripik keladi, subbet, kapurut sagu dan lain-lain

Kapan waktu yang tepat untuk ke Mentawai?

  • Periode antara April–Agustus yang bertepatan dengan libur musim panas di Eropa adalah waktu yang paling baik untuk berselancar. Pada musim tersebut, ombak Mentawai bisa mencapai tinggi enam meter.
  • Kondisi laut antara Siberut dan Sumatera Barat terkadang sangat sulit dilewati kapal karena ombaknya cukup besar, terutama pada Juni dan Juli.
  • Perhatikan pula jadwal keberangkatan kapal motor dari Padang ke Mentawai karena jadwal bisa berubah.

Barang apa yang sebaiknya dibawa ke Mentawai?

  • Akan sangat basah di hutan. Jadi, merupakan ide yang baik untuk membawa kantung plastik.
  • Ingat untuk membawa obor dan pakaian hangat karena saat malam suhu akan dingin.
  • Waspadalah terhadap nyamuk dan lintah yang umum dijumpai.
  • Bawalah papan selancar Anda sendiri karena mungkin sulit untuk menemukan toko papan selancar di Mentawai.
  • Bawa juga semua obat-obatan pribadi Anda.
  • Untuk mengunjungi desa wisata di Mentawai, maka Anda perlu ditemani pemandu wisata yang memahami masyarakat dan budaya setempat. Anda bisa menggunakan pemandu wisata dari agen perjalanan di Bukittinggi atau di Pelabuhan Muara Siberut.