Tentang Yogyakarta

Yogyakarta (Yogya atau Jogja) adalah ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta di Pulau Jawa. Kota ini terkenal sebagai salah satu pusat pendidikan (Kota Pelajar), seni rupa, budaya Jawa klasik, sejarah kuno, dan pemandangan alamnya yang menawan. Ditemani di utara oleh Gunung Merapi yang masih aktif dan berbatasan ke selatan dengan Samudera Hindia, kota tua nan anggun Yogyakarta memiliki iklim sejuk sehingga mudah bagi pengunjung untuk merencanakan berbagai kegiatan. Tambah pula, masyarakat Yogyakarta dikenal karena keramahan dan sopan santunnya. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai karena ketenangan, toleransi, dan harmoninya.

Transportasi

Yogyakarta memiliki Bandara Internasional Adisucipto yang menghubungkan Yogya dengan beberapa kota besar lainnya di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Pekanbaru, Palembang, dan Pontianak. Bandara ini juga menghubungkan Yogya dengan sejumlah negara. Yogyakarta terletak di salah satu dari dua jalur kereta api utama di Jawa antara Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Kota ini memiliki dua stasiun kereta api penumpang, yakni Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan. Yogyakarta juga memiliki kereta komuter, yakni Prambanan Ekspress, juga dikenal sebagai Prameks. Rutenya dari Stasiun Lempuyangan ke Stasiun Solo Balapan di Surakarta (Solo) dan Stasiun Kutoharjo di Kutoharjo. Kereta komuter lainnya adalah Madiun Jaya (Madiun-Lempuyangan) dan Joglosemar (Semarang-Lempuyangan). Yogyakarta juga memiliki sistem transportasi bus antarkota ke tempat lain di Jawa atau Bali. Anda juga dapat berkendara ke Yogyakarta melalui beberapa jalur. Dari Jakarta melalui jalur selatan, misalnya, melalui jalan Tol Cikampek-Tol Cipularang-Bandung-Nagreg-Garut-Ciamis-Banjar-Banyumas-Kebumen-Purworejo-Wates. Perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta sekitar 9 jam.

10 Tempat Liburan Terbaik di Yogyakarta

Yogyakarta atau Jogja dikenal juga dengan sebutan Kota Gudeg. Kota ini siap untuk menyambut semua pengunjung dari seluruh dunia dengan kekayaan warisan budaya dan keramahan yang khas. Bersiaplah untuk menyaksikan berbagai keajaiban dunia kuno di daerah ini.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Candi ini dihiasi relief yang diukir mengelilingi candi dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Letaknya sekitar 17 km dari pusat kota Yogyakarta.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai yang paling terkenal di Yogyakarta, 25 km di selatan kota dan menghadap ke Samudra Hindia dengan ombak dan arus yang besar dan kuat. Di sini terdapat bukit pasir yang disebut gumuk. Selain aktivitas air, Anda dapat mencoba paralayang di Bukit Parangndog.

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Nama jalan yang paling terkenal di Yogyakarta ini berasal dari bahasa Sansekerta dan berarti karangan bunga. Anda dapat berbelanja, wisata kuliner, serta melihat sejumlah warga dengan kreasi pakaian yang unik.

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan pusat batik murah berkualitas. Di pasar ini, Anda perlu memiliki kemampuan menawar karena Anda akan mendapatkan barang-barang murah dengan kualitas baik.

Goa Jomblang

Goa Jomblang

Goa wisata vertikal yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta yang mempunyai sebuah hutan purba di dalamnya. Jika Anda datang pada jam 10 - jam 12 siang, Anda akan dapat melihat cahaya menembus goa yang sering disebut sebagai cahaya surga.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi. Sebuah bangunan bersejarah Kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh Sultan dan keluarganya. Selain arsitektur kuno, Anda juga dapat berkunjung ke museum dengan koleksi barang-barang kesultanan.

Gunung Merapi

Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah gunung yang paling terkenal di Yogyakarta. Gunung ini juga salah satu lokasi favorit para pecinta alam yang hobi mendaki gunung dan menikmati keindahan matahari terbit di puncaknya.

Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari

Tempat meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada zaman dahulu dan juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh. Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum.

Goa Pindul

Goa Pindul

Salah satu destinasi yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Goa ini terletak di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Daya pikat utama goa ini terletak pada aliran sungai bawah tanah yang terdapat di sepanjang goa dengan stalakmit terbesar ke-4 di dunia ini.

Kota Gede

Kota Gede

Tempat wisata yang tepat bagi yang ingin berwisata dengan berjalan kaki. Anda dapat menjumpai toko-toko perak tradisional dan rumah berubin mosaik berjajar di tepi jalan. Dahulu, rumah-rumah ini merupakan rumah para bangsawan dan pedagang kerajaan.

Tips Berlibur ke Yogyakarta

Yogyakarta memang sudah terkenal. Bahkan, hingga ke mancanegara. Tak heran karena kota ini telah menjadi salah satu destinasi favorit di tanah air. Segala kemudahan bagi turis sudah tersedia di sini. Namun, ada sejumlah hal yang perlu Anda cermati sebelum berlibur ke Yogyakarta.

  • Sebelum ke Yogya, petakan dahulu tempat-tempat yang akan Anda kunjungi berdasarkan letak atau daerahnya. Manfaatnya adalah membuat waktu liburan lebih efisien dan hemat biaya transportasi.
  • Anda juga perlu untuk memesan tiket pesawat atau kereta api jauh-jauh hari. Begitu pula dengan penginapan. Tujuannya untuk menghindari Anda tidak mendapat tiket atau penginapan di Yogya, terutama saat high dan peak season.
  • Untuk menuju lokasi tempat wisata di Yogya yang jauh, Anda bisa menyewa mobil beserta sopir. Sementara itu, untuk lokasi yang tidak begitu jauh, Anda bisa menyewa motor saja.
  • Jika Anda tidak mendapat penginapan di hotel karena penuh, Anda tak perlu khawatir. Yogya juga memiliki beragam jenis penginapan, seperti losmen dan guest house.
  • Bawalah serta peta wisata Yogya selama Anda berlibur di kota tersebut. Bila Anda tidak membawa peta, tanyalah warga setempat. Umumnya, warga Yogya sangat ramah dan senang membantu.