Aktivitas di Makassar

Tentang Makassar

Makassar adalah kota terbesar di Indonesia bagian timur dan gerbang menuju petualangan ke dataran tinggi Tana Toraja. Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini terletak di jalur perdagangan yang sibuk di sepanjang Selat Makassar. Kota Makassar merupakan kota kosmopolitan, tempat bercampurnya beraneka ras dan etnik.

Transportasi

Makassar dilayani oleh banyak maskapai penerbangan dari berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali. Makassar juga kerap menjadi bandara transit untuk penerbangan ke Maluku, Papua dan sejumlah wilayah timur Indonesia lainnya. Makassar juga dapat dicapai menggunakan kapal laut dari pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Mengenal Makassar

10 Destinasi Paling Keren di Makassar dan Sekitarnya

Sulawesi Selatan dengan ibukotanya Makassar menawarkan banyak destinasi wisata menarik. Dari panorama alam yang cantik mempesona, pantai-pantai tropis nan indah, Trans Studio Makassar yang super seru, sampai dengan kekayaan budaya Tana Toraja.

Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira

Hamparan pasir putih panjang membentang, tebing tebing curam dihempas ombak, jernihnya laut biru yang cantik, itulah pemandangan Pantai Tanjung Bira. Jangan lupa sambangi Pulau Kupang dan Pulau Liukang Loe, juga snorkeling untuk mengagumi bawah lautnya.

Tana Toraja

Tana Toraja

Di balik bayang-bayang pegunungan dan tebing granit, Tana Toraja dikelilingi indahnya alam pegunungan dengan sawah dan kebun kopi. Ungkap misteri di balik ritual kematian masyarakat Toraja dalam kuburan di tebing-tebing dan pohon-pohon raksasanya.

Air Terjun Bissapu

Air Terjun Bissapu

Indahnya pepohonan hijau, udara sejuk dan sungai yang mengalir jernih meliputi alam Air Terjun Bissapu di Sulawesi Selatan. Sungainya pun jernih, dengan bebatuan besar dan kecil yang menghiasinya. Suara kicau burung makin menambah nikmat suasana.

Danau Tempe

Danau Tempe

Untuk melihat sebuah danau vulkanik yang menakjubkan, Anda bisa datang ke Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo. Danau indah ini dihiasi sejumlah bunga dan pepohonan air serta beberapa jenis burung yang jarang ditemui. Sunset di sini juga sangat indah.

Pantai Losari

Pantai Losari

Daya tarik utama pantai ini adalah pemandangan sunset dan sunrise-nya yang indah. Di sini, Anda bisa membeli kuliner khas Makassar, seperti es pallu butung, pisang epek, pisang ijo, sop konro, hingga coto makassar yang sangat terkenal.

Taman Laut Takabonerate

Taman Laut Takabonerate

Inilah surganya penyelam di Sulawesi Selatan, dengan kehidupan di taman lautnya yang cantik mempesona. Anda bisa menyelam atau snorkeling bersama ratusan jenis ikan, penyu dan kura-kura. Pantai dan lautnya yang biru dan indah juga siap memanjakan mata.

Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung

Wisata alam yang berada di Maros ini melingkupi bukit kapur, air terjun dan gua alami. Sungainya yang jernih dihiasi bebatuan besar, teduh dengan pepohonan rimbun menaunginya. Tempat indah ini juga menjadi “kerajaan” bagi segala jenis kupu-kupu.

Malino

Malino

Destinasi wisata ini berada di dataran tinggi dan menawarkan panorama elok khas pegunungan. Dalam perjalanan, Anda akan melewati hutan pinus dan bukit batu kapur, dengan atraksi utama Air Terjun Seribu Tangga dan Takapala yang rupawan.

Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektar dan merupakan indoor theme park terbesar ketiga di dunia. Di dalamnya, terdapat 21 wahana dan empat zona permainan. Di sini juga terdapat pusat perbelanjaan, supermarket, hotel dan tempat rekreasi.

Pulau Bulupoloe

Pulau Bulupoloe

Pulau tropis nan indah ini masih perawan. Pantai berpasir putih dan air lautnya sangat jernih bukan main indahnya, dengan pesona bawah laut dihuni aneka ikan, anemon dan terumbu karang yang cantik. Snorkeling dan diving jadi aktivitas wajib di sini.

Tips Liburan ke Makassar

Kegiatan apa yang bisa dilakukan di Makassar?

  • Melihat Benteng Rotterdam
  • Mengagumi budaya orang Tana Toraja
  • Snorkeling dan menyelam di Pulau Kodengareng Keke
  • Berpose ria di Pantai Losari
  • Trekking ke Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung
  • Mengunjungi Desa Ke'te Kesu

Makanan apa yang harus dicoba di Makassar?

  • Sop konro, coto Makassar, pallu basa, mie titi, es palu butung, sarabba

Apa yang harus Anda bawa ketika liburan ke Makassar?

  • Pakailah sepatu kokoh ketika berjalan di sekitar pulau-pulau untuk menghindari memar terkena karang
  • Bawa juga beberapa pertolongan pertama terutama ketika Anda bepergian dengan anak-anak dan keluarga
  • Pastikan Anda memiliki cukup tabir surya