Tentang Jawa Timur

Jawa Timur memiliki daya tarik yang beragam, dari kuil hingga pantai dengan pemandangan indah, danau dataran tinggi, gunung berapi, taman laut, dan suaka margasatwa. Luangkan waktu untuk berkunjung ke sana. Anda bisa tergoda untuk menikmati keindahan alam, tradisi unik, dan kota-kotanya yang terus tumbuh.

Transportasi

Jawa Timur memiliki dua bandara udara. Satu di Surabaya dan lainnya lagi di Malang. Jarak antara dua kota kira-kira dua jam perjalanan dengan berkendara. Bandara Udara Internasional Juanda adalah bandara di Surabaya. Sementara itu, bandara udara di Malang ialah Bandara Udara Abdul Rachman Saleh. Melalui udara, Jawa Timur terhubung dengan hampir seluruh kota besar di Indonesia dan sejumlah kota di luar negeri. Provinsi ini terhubung dengan wilayah lain di Jawa oleh jalan darat dan kereta api reguler. Sejumlah bus umum dari provinsi lain di Pulau Jawa dan pulau-pulau lainnya memiliki rute ke banyak kota di Jawa Timur. Dari salah satu tujuan wisata paling terkenal di dunia, yakni Bali, Jawa Timur hanya berjarak sekitar satu atau dua jam perjalanan dengan mobil. Melalui laut, Jawa Timur juga bisa dijangkau, tidak hanya dari kota-kota lain di Pulau Jawa, tapi juga pulau-pulau lainnya, misalnya Pulau Sumatera hingga Papua.

14 Destinasi Wisata Terpopuler di Jawa Timur

Jawa Timur yang kontur alamnya terdiri atas gunung dan pantai memiliki segudang pesona yang tak mampu ditolak para petualang dan penjelajah. Mulai dari puncak-puncak tertinggi yang menawarkan godaan tak tertahankan bagi para pendaki, pantai-pantai tropisnya yang indah, ombak-ombak menantang, pesona kota wisatanya, hingga sajian kulinernya yang memanjakan lidah.

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Salah satu kawah vulkanik yang sangat populer di Banyuwangi, Kawah Ijen adalah kawah danau terbesar di pulau Jawa. Pesona tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini adalah pada danau belerang yang berwarna hijau kebiruan, dan adanya fenomena api biru yang abadi. Anda bisa menyaksikan panorama memikat ini pada saat malam hari hingga menjelang subuh. Di kawah ini, Anda juga bisa menyaksikan para penambang belerang bekerja nyaris dengan tangan kosong.

 

Pulau Sempu

Pulau Sempu

Pulau Sempu, sebuah pulau kecil yang terletak di kabupaten Malang Selatan menjadi daya tarik bagi para wisatawan terutama karena keindahan laguna di tengahnya, Segara Anakan. Segara Anakan adalah fenomena unik berupa pantai di dalam pulau dengan hamparan pasir putih. Airnya adalah air laut yang dipisahkan oleh bebatuan karang. Pantai yang berada di tengah pulau ini berpasir putih halus, dengan air biru jernih dan batu-batu karang yang menghiasinya. Pemandangan sempurna ini bisa Anda lihat hanya ketika Anda telah memperoleh izin, karena Pulau Sempu adalah tempat konservasi, bukan obyek wisata biasa.

 

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura di Probolinggo dijuluki sebagai air terjun abadi, karena air terjun ini tidak pernah berhenti mencurahkan air halus yang serupa dengan curahan hujan. Air Terjun Madakaripura sendiri berbentuk ceruk yang dikelilingi oleh bukit yang kemudian airnya menetes pada seluruh bidang tebing sehingga nampak seperti hujan. Tak hanya itu saja, “hujan abadi” ini juga menjadi pelengkap air terjun utamanya. Di air terjun setinggi 200 meter ini, Anda bisa menyaksikan pesona sinar matahari yang berpendar menyorot lumut hijau yang basah di dinding-dinding berbatu, diiringi suara gemuruh air.

 

Kota Batu Malang

Kota Batu Malang

Bukan hanya udara pegunungan yang sejuk, kota wisata yang telah berkembang pesat ini menawarkan berbagai destinasi menarik, seperti Jatim Park I dan II, berbagai museum seperti Museum Angkut yang cocok diabadikan kamera, Museum Tubuh, dan sebagainya. Selain itu, ada juga Secret Zoo, kebun binatang yang menawarkan suasana berlibur yang asyik. Tak lupa Eco Green Park, taman rekreasi edukasi yang benar-benar unik, Paralayang dan Rumah Pohon yang terletak di ketinggian Gunung Banyak, Batu Night Spectacular, Air Terjun Coban Rais dan Coban Rondo, hingga rafting di Sungai Kaliwatu.

 

Pulau Merah

Pulau Merah

Pulau Merah di Banyuwangi memiliki Pantai Pulau Merah alias Red Island Beach, pantai yang terkenal dengan pulau “pasir merah”-nya. Sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan pemandangan vegetasi menghijau, petak-petak persawahan dan beberapa perbukitan yang konon merupakan area penambangan emas. Sesampainya di pantai, pasir putih lembut dan deburan ombak di laut biru akan menyambut Anda. Pantai Pulau Merah juga cocok untuk surfing, karena mempunyai ketinggian gelombanga hingga 4 sampai 5 meter. Panorama sunset di sini juga sangat menakjubkan.

 

Teluk Hijau

Teluk Hijau

Teluk Hijau alias Green Bay di Banyuwangi menawarkan banyak panorama yang begitu indah. Mulai dari Pantai Batu, yang pantainya dipenuhi bebatuan kecil, hingga destinasi utama Teluk Hijau dengan pemandangan pasir putih yang amat kontras dengan laut yang bergradasi biru hijau nan jernih. Warna hijaunya berasal dari alga hijau yang tumbuh di dasar laut dangkalnya. Seolah belum cukup dengan keindahan pantainya, di tepiannya berjajar untaian pepohonan hijau, sementara langit biru menjadi latar belakang yang menyempurnakan semuanya.

 

Pantai Plengkung (G-Land)

Pantai Plengkung (G-Land)

Satu lagi destinasi wisata di Banyuwangi yang mampu menarik turis mancanegara, yaitu Pantai Plengkung alias G-Land. Reputasi Pantai Plengkung sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Timur telah mendunia. Julukannya adalah “The Seven Giant Waves Wonder”, dengan ombak kelas dunia. Pantai ini begitu disukai para peselancar mancanegara, dan memiliki tujuh gulungan ombak hingga setinggi enam meter.

 

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.  Pesona keindahan matahari terbit di Gunung Bromo adalah salah satu sunrise terbaik yang dapat Anda lihat di puncak Penanjakan. Jutaan pendaki dan petualang berlomba untuk mengejarnya. Di Pananjakan, Anda akan disuguhi panorama alam gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru yang sungguh memikat hati. Momen-momen sunrise di Bromo memang memberikan pemandangan yang spektakuler dan dramatis. Namun tak hanya itu, Anda pun bisa melihat indahnya Bukit Teletubbies dan Pasir Berbisik yang fenomenal.

 

Gunung Semeru

Gunung Semeru

Satu lagi gunung yang berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Semeru merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Gunung ini dengan puncaknya Mahameru makin populer di kalangan pendaki setelah film 5 cm yang diangkat dari buku yang sama dibuat. Pendakian menuju Mahameru memberikan pemandangan alam mempesona bagi para pendaki. Perjalanan mendaki dari Ranu Kumbolo menuju Kalimati menyuguhkan pemandangan luar biasa cantik, hamparan padang rumput dan bunga-bunga. Di Kalimati, di tengah padang edelweis, para pendaki bermalam di tenda. Keesokan harinya, pendaki melanjutkan perjalanan menuju Mahameru untuk mengejar sunrise yang menagumkan. Suhu udara di Mahameru berkisar antara 10 hingga 4 derajat Celcius, bahkan bisa mencapai minus pada saat kemarau dan tak jarang bisa ditemukan kristal es.

 

Goa Gong

Goa Gong

Goa Gong terletak di Desa Bomo, sebuah gua yang indah dan cukup dalam, menjadi destinasi wisata andalan di Pacitan. Selain keindahan bentuk stalaktit dan stalagmitnya, keunikan Gua Gong juga adalah karena stalaktit dan stalakmit tertentu dapat berbunyi seperti gong ketika dipukul.

 

Arung Jeram Sungai Pekalen

Arung Jeram Sungai Pekalen

Sungai Pekalen berada di Probolinggo, Jawa Timur. Untuk Anda yang haus adrenalin, berarung jeram menantang arus deras sungai Pekalen harus Anda coba. Terletak sekitar 25 kilometer dari Kota Probolinggo, Arung Jeram Pekalen menyuguhkan tantangan jeram-jeram yang deras, yang berpadu dengan keindahan alam yang menawan di sepanjang tepian sungainya.

 

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Pantai indah ini dikenal dengan sebutan Tanah Lot-nya Jawa Timur, karena suasananya mirip. Dengan batu karang besar dan pura di atasnya, pantai yang berjarak sekitar 45 kilometer di selatan kota Malang, sehingga Pantai Balekambang saat ini sudah menjadi tempat wisata favorit bagi warga kota Malang ini memang mirip pantai Tanah Lot Bali. Ombak yang kuat dan pasir putih menjadi ciri khas Pantai Balekambang.

 

Pantai Papuma

Pantai Papuma

Pantai indah nan eksotik ini berada di kawasan Jember, tepatnya berada di pesisir selatan Jawa Timur, Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, 45 kilometer arah selatan kota Jember. Dikelilingi hutan jati, Pantai Papuma memiliki pasir putih yang bersih dan indah, yang nuansa warnanya kontras dengan birunya laut, dan bebatuan yang menghiasi garis pantai. Pemandangan indah Papuma makin sempurna dengan barisan perahu nelayan aneka warna yang berbaris di pesisirnya.

 

Gunung Kelud

Gunung Kelud

Gunung di Kabupaten Kediri ini memiliki daya tarik yang mampu memikat para pengunjung untuk menikmati keindahannya. Daya tarik utama Gunung Kelud adalah pada kubah lava-nya yang bisa dinikmati dari Puncak Gajahmungkur. Anda tak perlu bersusah payah untuk mencapai puncaknya, karena sudah ada jalan setapak untuk Anda yang ingin mendaki ke puncak Gunung Kelud. Sejumlah kegiatan menarik bisa Anda lakukan di sini, seperti mandi air panas, flying fox, dan panjat tebing.Pesona alam seperti air terjun, lembah, hutan rimbun, ngarai, dan ladang bisa Anda lihat di sekitar Gunung Kelud.