Aktivitas di Padang

Tentang Padang

Padang adalah pintu gerbang ke dataran tinggi Minang. Padang memiliki rendang yang begitu terkenal bahkan di dunia. Kota ini juga memiliki banyak daya tarik yang bisa membuat Anda menyesal jika Anda tidak mendatangi ibu kota di Provinsi Sumatera Barat ini. 

Transportasi

Bandara Udara Internasional Minangkabau di Ketaping, Padang Pariaman melayani penerbangan domestik setiap hari dari Padang ke Jakarta, Medan, Palembang dan sebaliknya. Selain itu, bandara ini juga melayani penerbangan internasional ke Kuala Lumpur. Padang juga bisa dicapai dengan kapal laut dari pulau-pulau lainnya, termasuk dari Jakarta. Sejumlah bus umum juga memiliki rute ke Padang dari berbagai kota. Perjalanan Padang-Jakarta bisa memakan waktu lebih dari 38 jam dengan bus.

Mengenal Padang

14 Destinasi Wisata Paling Memukau di Sumatera Barat

Keindahan alam dan kekayaan budaya di Padang dan sekitarnya sangat sayang jika dilewatkan. Mulai dari danau, pantai, hutan dan air terjun, goa, ngarai, hingga wisata budaya seperti museum dan istana memperkaya potensi wisata Padang dan Sumatera Barat.

Lembah Anai

Lembah Anai

Lembah yang menjadi primadona Sumatera Barat ini memiliki panorama alam yang sangat memukau dan menyejukkan mata. Berada di tepian trans Sumatera, Lembah Anai menyajikan panorama tiga air terjun yang indah dan hutan tropis lebat.

 

Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Tiga Tingkat

Berlokasi di Desa Cendikar, Air Terjun Tiga Tingkat adalah salah satu tempat wisata di Padang yang paling misterius sekaligus menantang. Perjalanan menuju tingkat ketiga lumayan berat, hingga pengunjung harus merangkak karena licin dan terjal.

 

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman

Museum yang dibangun pada tahun 1974 ini selain merupakan ikon kota Padang, juga menjadi tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi. Museum ini disebut sebagai miniaturnya Padang karena menyimpan segala kekayaan budaya Padang.

 

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Pernah dengar legenda Malin Kundang? Untuk melihat legenda tersebut jadi nyata, Anda harus datang ke Pantai Air Manis atau Aie Manih ini. Selain terkenal dengan batu Malin Kundang, ada panorama yang indah dengan Gunung Padang sebagai latarnya.

 

Danau Singkarak

Danau Singkarak

Danau terbesar di Sumatera Barat dengan panjang 21 kilometer. Di sekitar danau terdapat beberapa tempat untuk istirahat sambil menikmati pemandangan memukau, tersedia juga fasilitas sampan atau kapal untuk berkeliling.

 

Danau Maninjau

Danau Maninjau

Danau di Bukittinggi dengan air biru tenang, pemandangan bukit-bukit serta sawah yang sungguh indah. Di danau ini tersedia fasilitas untuk berenang, memancing, sepeda air yang bisa digunakan menjelajahi keindahan danau, sambil berburu foto-foto keren.

 

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok

Lembah curam dengan jurang yang dalam ini merupakan tempat wisata alam yang sangat indah di Bukittinggi. Tebing-tebing dan lembah hijau membentang, dengan latar belakang Gunung Merapi dan Singgalang yang megah akan memanjakan mata Anda.

 

Ngalau Indah

Ngalau Indah

Sebelum memasuki kota Payakumbuh, Anda akan menjumpai sebuah gua alam yang indah eksotik dengan stalagnit dan stalagmit pada langit-langit. Di luar gua ini, Anda bisa menikmati taman dengan pohon-pohon rindang yang menjadi bagian keindahan alam.

 

Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung

Istana yang dahulu dibangun keluarga Kerajaan Pagaruyung di Batusangkar, dengan karakter bangunan khas Minangkabau, dengan  barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara. Alam yang indah dan udara sejuk meliputi istana ini.

 

Pandai Sikek

Pandai Sikek

Kain Songket yang indah dengan detail benang emas itu dibuat di sini. Desa Pandai Sikek terletak di kaki Gunung Singgalang dan memiliki  pemandangan yang indah. Di sini Anda juga dapat melihat kehidupan masyarakat yang bertani secara tradisional.

 

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Pantai pasir putih yang indah ini memiliki air biru dan barisan nyiur melambai. Selain sunset dan sunrise yang menawan, suasana malam di pantai ini sangat indah dengan pemandangan kerlap kerlip lampu yang berada di Teluk Bayur, tak jauh dari Pantai Nirwana.

 

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan megah yang menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya ini merupakan merupakan ikon Kota Padang. Membentang gagah sejauh 260 meter, jembatan ini menjanjikan panorama kerlip lampu yang memukau ketika malam datang.

 

Pulau Sikuai

Pulau Sikuai

Pulau yang berjarak setengah mil laut dari kota Padang ini memiliki garis pantai panjang, pasir putih halus, laut biru dan pepohonan kelapa yang memukau. Trekking mengitari pulau atau menjelajahi hutan, atau panjat tebing bisa Anda lakukan di sini.

 

Lembah Harau

Lembah Harau

Merupakan cagar alam dekat Payakumbuh yang menyajikan keindahan perbukitan kapur yang curam, dengan lima air terjun cantik yang mencurahkan airnya yang jernih. Lembah subur ini dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100-500 meter.

Tips Liburan ke Padang

Hal apa yang bisa dilakukan di Padang?

  • Melihat panorama indah di pagi hari di Ngarai Sianok, berjalan-jalan di sekitar Kampung Cina, berekreasi bersama keluarga di Pantai Air Manis atau Pantai Nirwana, snorkeling di Pulau Pagang, melihat pemandangan romantis di Pantai Pasir Jambak, merasakan kesegaran air terjun Lembah Anai, menggali pengetahuan di Museum Adityawarman, melewati Sitinjau Lauik dengan pemandangan menakjubkan di sekitarnya, mampir ke Miniatur Mekah, pergi ke Jembatan Siti Nurbaya di malam hari, perpanjang perjalanan Anda ke Danau Maninjau atau Danau Singkarak yang terletak di kabupaten lain. 

Makanan apa yang harus dicoba di Padang?

  • Rendang, soto, sate, dendeng balado, gulai itiak, kerupuk sanjai, dan teh talua.

Bagaimana dengan transportasi di Padang?

  • Paling nyaman memang menyewa mobil dan sopir
  • Untuk mencapai ke lokasi-lokasi wisata, seperti Pantai Padang, Jembatan Siti Nurbaya, bahkan Pantai Air Manis yang agak jauh dari pusat kota dapat menggunakan angkot atau bus atau juga ojek.
  • Padang juga memiliki jalur kereta api yang menghubungkan kota itu dengan sejumlah lokasi, seperti Padang Panjang dan Pariaman.
  • Meskipun lambat, pilihan yang lebih romantis adalah menaiki bendi (kereta kuda).