Tentang Sumba

Pulau Sumba relatif masih jarang dilirik tujuan wisata. Padahal, ada lebih dari satu alasan mengapa wisatawan sebaiknya berkunjung ke sana. Pantainya yang berpasir putih lembut, padang savanna yang luas, jejak-jejak kehidupan zaman megalitikum hingga kebersahajaan masyarakat lokalnya menarik untuk disimak. Belum lagi, umumnya tempat-tempat wisata di pulau yang mejadi bagian Provinsi Nusa Tenggara Timur ini masih sepi. Jadi, bagi yang ingin sejenak “melarikan diri” dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan, Sumba adalah pilihan tepat.

Transportasi

Cara termudah ke Sumba adalah menggunakan pesawat terbang. Sumba Barat Daya memiliki bandara di Tambolaka dan Sumba Timur memiliki bandara di Waingapu. Pesawat yang ke Sumba biasanya transit dahulu di Bali. Cara lain adalah dengan melalui jalur darat. Sumba juga bisa dijangkau dengan bus sampai ke Pelabuhan Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat. Kemudian lanjutkan dengan feri ke Sumba. Anda juga bisa menaiki kapal laut ke Sumba dengan terlebih dahulu menuju Bima.

12 Destinasi Wisata Paling Mempesona di Sumba

Pesona alam Sumba di Nusa Tenggara Timur sepertinya sudah tak mungkin lagi dirahasiakan. Keindahan rangkaian padang savana, pegunungan dan bukit-bukit kapur curam yang megah dan molek mendominasi sebagian wilayah Sumba Timur. Sedangkan danau, pantai, dan air terjun indah berada di Sumba Barat. Sumba Barat juga memiliki agenda wisata tahunan yang populer di kalangan wisatawan, yaitu Festival Pasola. Kampung-kampung adat eksotik yang diliputi keindahan alam sekitarnya menggoda turis untuk menyusuri budaya Sumba lebih jauh. Seluruh pesona alam Sumba menjadi sangat diidamkan oleh para petualang dan fotografer dari seluruh dunia.

Danau Weekuri

Danau air asin di Sumba Barat ini merupakan salah satu danau terindah di Indonesia yang dibentengi karang, diliputi tanaman hijau. Airnya biru kehijau-hijauan dan sangat jernih, dengan pasir putih di dasar, menyenangkan untuk berenang.

 

Pantai Mandorak

Pantai yang tersembunyi di balik tebing curam di Sumba Barat Daya ini memiliki air laut biru jernih, dan pasir putih yang berkilau seperti mutiara. Pemandangan tebing-tebing karang menambah keindahan pantai yang luar biasa ini.

 

Air Terjun Pabeti Lakera

Air terjun nan elok yang berada di Wewewa Timur ini dilingkupi alam yang asri, dan memiliki tiga tingkatan dengan tinggi mencapai 30 meter. Airnya yang jernih menggoda untuk berenang, ditemani kicauan burung dan suasana alam syahdu.

 

Kampung Adat Ratenggaro

Kampung adat yang terletak di tepi pantai Ratenggaro dan muara sungai Waiha ini terlihat megah dengan barisan rumah adat uma beratap tinggi menjulang. Di sini juga ada kuburan tua Garo, yang sangat besar, tinggi, dihiasi ornamen.

 

Pantai Puru Kambera

Hamparan pasir pantai yang berada di Waingapu ini putih, dengan jernihnya air laut biru yang menggoda. Di sepanjang bibir pantai, berbaris pepohonan cemara hijau nan rindang. Ketenangan bisa Anda dapatkan di pantai perawan ini.

 

Pantai Kalala

Masih di Waingapu, pantai pasir putih yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang cantik ini berada di Melolo. Air lautnya biru jernih, suasananya tenang bagaikan pantai pribadi, dan ombaknya tinggi dan stabil, amat ideal untuk berselancar.

 

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru

Daya tarik taman nasional ini adalah Air Terjun Lapopu yang megah, indah, jernih, mengalir menuruni bukit batu melintasi pepohonan. Untuk mencapainya, Anda harus bertualang menembus hutan dan berjalan di tepian sungai deras.

Pantai Marosi

Garis pantai yang berada di Lamboya, Sumba Barat ini panjang, dan lautnya berwarna biru toska. Kontur pantai yang berkelok menambah keindahan Marosi. Ada satu area berpasir, hanya ditumbuhi sedikit pohon, seperti di padang savana Sumba.

 

Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu, sekitar 1.5 jam dari Tambolaka adalah salah satu pantai terbaik Asia, memiliki ombak yang bagus berjuluk Left God Waves. Pantai indah ini amat disukai surfer mancanegara. Sayangnya, akses pantai hanya untuk tamu Nihiwatu Resort.

 

Pantai Tarimbang

Beberapa travel blogger menyebutnya pantai terbaik di Indonesia. Pantai di Sumba Timur ini menyajikan paduan sempurna antara pasir putih dan laut biru toska. Kiri kanan pantai dihiasi bukit dan tebing, meliputi suasana hening nan indah.

 

Kampung Adat Tarung

Kampung adat ini menjadi tempat sempurna untuk menelusuri budaya tradisional Sumba. Selain rumah adat uma dan kuburan batu kuno, Anda akan menikmati keindahan alam Sumba yang meliputi kampung wisata Tarung di Waikubabak ini.

 

Kampung Adat Pasunga

Di kampung adat ini Anda akan menemukan batu kuburan megalitik terbesar di Sumba. Batu kuburan megalitik tersebut masih tetap utuh terjaga. Barisan rumah adat Sumba, uma, yang beratai tinggi berbaris di kampung yang damai ini.