Aktivitas di Papua

Tentang Papua

Pulau ini menawarkan pantai yang indah, sungai serta rawa-rawa yang membentang di antara hutan dan taman nasional sebagai ruang untuk beragam spesies laut dan terumbu karang. Beragam budaya dari suku-suku yang masih dipertahankan memberi kita gambaran lain dari makna kehidupan. Ini adalah tempat bagi pecinta petualangan dan budaya.

Transportasi

Bandara yang besar di Papua adalah Frans Kaisepo di Biak, Sentani di Jayapura, Timika, dan Merauke, untuk penerbangan dari Jakarta, Surabaya, Makassar dan lain-lain. Untuk kabupaten lain dengan landasan udara yang lebih kecil melayani pesawat sejenis Twin Otter Cessna.
Papua juga memiliki berbagai pelabuhan laut, contohnya di Jayapura, Biak, Yapen, Nabire, Merauke, dan Sorong, untuk kapal dari Surabaya, Makassar, Kupang, Ambon, Jakarta, Balikpapan, Bitung, Ternate, Batam, Semarang, Bau-Bau dan antar kabupaten di Papua.

10 Destinasi Wisata Paling Mengagumkan di Papua

Pulau paling timur di Indonesia ini memiliki kekayaan dan keindahan alam yang tak ada duanya. Daratan dan alam bawah lautnya menjadi surga impian bagi hampir setiap orang. Dunia bawah airnya merupakan yang terkaya di dunia. Papua juga menyimpan kearifan budaya lokal yang masih bertahan di zaman serba modern ini.

Danau Paniai

Danau Paniai

Danau yang dianggap salah satu yang terindah di dunia ini memiliki pemandangan senja yang sangat cantik. Anda bisa melihat siluet tebing-tebing, burung-burung terbang rendah di atas danau, dan perahu nelayan yang merapat pulang.

Pantai Bosnik

Pantai Bosnik

Pantai indah ini akan membuat kamera Anda menari. Pantai Bosnik memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan air jernih biru kehijauan, dan deretan pepohonan kelapa yang menambah kecantikan alam sempurna untuk diabadikan.

Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon

Pulau dengan garis pantai sepanjang 6 kilometer ini memiliki hutan bakau dan padang alang-alang yang indah, rumah bagi burung rusa. Anda juga bisa menikmati indahnya laut dengan menyelam, berenang, snorkeling dan memancing.

Desa Sawinggrai

Desa Sawinggrai

Tempat yang tepat untuk melihat burung khas Papua yang langka dan cantik, Cendrawasih, di habitat alaminya. Jangan lewatkan momen Cendrawasih jantan yang menari-nari dan memamerkan keindahan bulunya untuk memikat betina.

Raja Ampat

Raja Ampat

Raja Ampat terdiri dari empat pulau besar, Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil lain.Sebanyak 75% spesies laut dunia ditemukan di perairannya. Keindahan darat dan lautan Raja Ampat juga sangat mempesona.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Satu lagi daerah dengan pesona keindahan yang mendunia. Inilah kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia. Bersiaplah untuk bertualang melihat spesies penyu, hiu, paus, hingga gua dengan sumber air panas di tempat ajaib ini.

Desa Wisata Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek

Desa ini memadukan wisata budaya suku asli dengan keindahan alam khas Papua yang memikat. Anda bisa snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan bawah lautnya, dan melihat keindahan mata air Yenauwyau yang airnya asin.

Lembah Baliem

Lembah Baliem

Lembah indah ini terletak pada ketinggian sekitar 1.600 mdpl, membuat suhu udaranya sangat sejuk. Festival Lembah Baliem yang jadi agenda tahunan, memamerkan kebudayaan dan kehidupan sehari-hari Suku Dani yang eksotik.

Danau Sentani

Danau Sentani

Keindahan danau ini pun sudah mendunia, dan sulit terlukiskan kata-kata. Di danau ini terdapat 21 pulau di ketinggian 75 meter. Anda bisa menikmati panorama danau dengan berkeliling menyewa perahu, berenang dan memancing.

Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya

Dikenal juga dengan nama Piramida Carstensz, puncak gunung bersalju ini masuk dalam tujuh puncak incaran para pendaki gunung dari berbagai belahan dunia. Gunung di Taman Nasional Laurentz ini mempunyai panorama menakjubkan.

Tips Liburan ke Papua

Kegiatan apa yang bisa dilakukan di Papua?

  • Menyelam di taman bermain salah satu hewan terbesar ikan paus hiu dan hewan laut cantik lainnya di Taman Nasional Teluk Cendrawasih
  • Menjelajahi gua bawah laut dengan kedalaman 100 kaki di Tanjung Muagguar
  • Menelusuri Dataran Tinggi Wamena
  • Snorkeling di Pulau Nusrowi, Pulau Rumberpon, Teluk Tanah Merah
  • Rekreasi keluarga di Pantai Wari
  • Mendayung santai atau kano di Danau Sentani
  • Menyaksikan Festival Danau Sentani (Juni) atau Festival Baliem (Agustus) setiap tahun
  • Mendaki ke puncak Gunung Ifar dan melihat pemandangan menakjubkan Danau Sentani dari atas
  • Mendaki ke Gunung Jayawijaya yang tertutup salju (Carstensz Pyramid)
  • Mengunjungi Museum Negeri
  • Menggali cara hidup beberapa suku dan melihat mumi di Wamena.

Makanan apa yang harus dicoba di Papua?

  • Ikan bungkus, aunu senebre, papeda (sagu yang diolah dengan bahan makanan lainnya), sate ulat, udang selingkuh

Apa yang harus Anda ketahui tentang Papua?

  • Wisatawan dari luar negeri harus mendapatkan izin perjalanan yang dikenal sebagai Surat Keterangan Jalan untuk mendapatkan akses ke pedalaman Papua. Anda dapat memperoleh Surat Keterangan Jalan di kantor polisi utama, seperti di Jayapura, Merauke, Timika, Biak, Nabire, Monokwari dan kota-kota besar lainnya
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Papua adalah antara bulan Maret - Agustus
  • Bawa makanan dan makanan ringan sendiri selama menjelajahi tempat tertentu
  • Di beberapa tempat, Anda harus membawa peralatan menyelam atau snorkelling sendiri
  • Tersedia taksi resmi dari bandara-bandara tertentu di Papua. Bis mini (di sana disebut taksi) dan bis tersedia di kota-kota besar di Papua. Tapi, harganya bervariasi. Jadi, pastikan Anda setuju dengan harganya sebelum Anda menaikinya.
  • Selain itu, ada juga mobil pribadi dan sepeda motor yang tersedia untuk disewa menuju tujuan tertentu.
  • Di beberapa tempat, becak masih ditemukan.
  • Untuk membuat perjalanan Anda lebih mudah dan berharga, disarankan untuk mengambil paket wisata. Seorang pemandu yang berpengalaman dapat menginformasikan tentang yang dapat atau tidak boleh dilakukan di tempat-tempat tertentu
  • Tersedia sejumlah operator untuk memandu pendaki ke Gunung Jayawijaya
  • Persiapkan diri dengan obat anti malaria
  • Harga untuk berbagai hal di Papua lebih tinggi daripada daerah lain di Indonesia