Tentang Lombok

Lombok, sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan tepat di sebelah pulau Bali. Wisatawan dari seluruh dunia datang untuk menikmati keindahan bawah lautnya atau untuk berselancar. Sebagian datang untuk menikmati suasana romantis di sekitar pantai-pantainya yang menawan.

Transportasi

Bandara Internasional Lombok terletak di Tanak Awu, sekitar 30 km atau satu jam perjalanan ke tenggara Mataram. Penerbangan ke Lombok dari Denpasar, Bali tersedia setiap hari. Selain itu, ada juga penerbangan ke Lombok dari Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota-kota lainnya.
Dengan kapal laut, Lombok juga dapat dicapai dari Jakarta dan kota-kota lainnya. Kapal feri berangkat dari Padang Bai (Bali Tenggara) dan Lembar (Lombok Barat Daya) setiap jam ke Lombok. Perjalanan memakan waktu sekitar 4–5 jam.
Kapal cepat tersedia dari berbagai titik keberangkatan di Bali, dan terutama menuju Kepulauan Gili (Gili Terawangan, Gili Meno, dan Gili Air). Selain itu, Kepulauan Gili juga mudah dicapai dengan speedboat dari Senggigi.

10 Tempat yang Harus Dikunjungi di Lombok

Lombok hanya berjarak 20 menit dari Bali dengan pesawat. Beberapa wisatawan lebih memilih berlibur di Lombok ketimbang Bali karena pesona Lombok itu sendiri. Budaya lokal, daerah pesisir yang tenang dengan pantai putih, dan pegunungan hijau, tanpa banyak turis seperti di Bali.

Tiga Gili

Tiga Gili

Tiga Pulau Gili di kawasan Pantai Barat Lombok adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Pantai berpasir putih, air laut yang sangat jernih, dan pemandangan yang menakjubkan, hanya 15 - 45 menit dengan kapal. Kegiatan terpopuler adalah snorkeling dan menyelam.

Pantai Kuta

Pantai Kuta

Pantai Kuta di Lombok adalah salah satu dari sejumlah tempat menarik di Lombok yang menawan. Secara geografis, kawasan pantai ini dikelilingi oleh alam perbukitan. Pantai Kuta Lombok memiliki pasir pantai yang putih dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan terkenal dengan bentuk pasirnya yang bulat-bulat seperti merica. Pasir putih terhampar luas di sekitar pantai dengan garis pantai sepanjang 1 km dengan panorama gradasi antara hijau dan biru.

Senggigi

Senggigi

Area paling terkenal di Lombok dengan banyak hotel dan restoran. Pemandangan garis pantai yang panjang di mana pesonanya akan makin terlihat bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian, dengan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Tempat wisata di Lombok yang resmi ditetapkan statusnya sebagai taman nasional dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci. Gunung Rinjani terletak di utara Lombok dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak merupakan danau kawah (kaldera) Gunung Rinjani. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 2.008 mdpl. Danau ini mempunyai kedalaman sekitar 160–230 meter. Di tengah-tengah danau, nampak anak Gunung Rinjani bernama Gunung Baru Jari.

Pantai Pink

Pantai Pink

Pantai yang sebenarnya bernama Pantai Tangsi ini terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Pantai Pink dapat ditempuh sekitar dua jam dari Kota Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pantai Sekotong

Pantai Sekotong

Pantai Sekotong mampu menarik peminat diving karena memiliki keindahan terumbu karang yang jarang disentuh dan masih terjaga. Lokasi Pantai Sekotong berada di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Waktu tempuh dari Mataram sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor.

Dessert Point

Dessert Point

Tempat yang paling tepat untuk berselancar di Lombok. Oleh masyarakat setempat, kawasan ini disebut Bangko-Bangko. Dessert Point telah dinobatkan sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak terbaik versi International Surfing Association.

Dusun Sade

Dusun Sade

Dusun Sade berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Sade merupakan salah satu dusun tradisional yang masih asli. Rumah-rumah penduduk dibangun dari konstruksi bambu dengan atap dari daun alang-alang. Di samping arsitektur rumah, sistem sosial dan kehidupan keseharian masyarakat Sasak masih bisa ditemukan dari generasi ke generasi.

Tips Liburan ke Lombok

Apa yang harus Anda ketahui tentang Lombok?

  • Lombok memiliki iklim tropis hampir sepanjang tahun. Namun, rata-rata musim hujan terjadi pada bulan Oktober hingga April.
  • Jika Anda ingin menjelajah Pulau Lombok tanpa pemandu wisata, disarankan agar Anda menyewa mobil atau motor karena lebih efisien dibandingkan menjelajah dengan menggunakan angkutan umum.
  • Siapkan uang tunai yang cukup sebab hampir setiap tempat makan atau objek wisata hanya menerima uang tunai
  • Selalu pakai dan bawa tabir surya
  • Perhatikan cara berpakaian dan perilaku Anda. Mayoritas masyarakat Pulau Lombok adalah suku Sasak yang masih memegang tradisi, norma-norma, dan nilai-nilai spiritual.
  • Perhatikan pula hari libur nasional Indonesia karena biasanya sejumlah penginapan dan objek wisata di Lombok akan dipadati oleh turis.