Tentang Malang

Masyarakat Jawa Timur kerap menyebut kota ini dengan sebutan “Parisnya Jawa Timur”. Kota ini terkenal dengan suhu yang sejuk dan berbagai tujuan wisatanya yang mengagumkan. Kota ini terletak di Jawa Timur Indonesia. Letaknya di antara dua gunung, Gunung Semeru dan Gunung Bromo. Kota yang dimaksud adalah Malang. Selain kota, Malang juga merupakan nama sebuah kabupaten di Jawa Timur. Malang memiliki berbagai daya tarik, termasuk pemandangan alam, kuil-kuil kuno, tempat bersejarah, pertunjukan tari hingga tradisi lokalnya yang unik.

Transportasi

Malang memiliki Bandara Abdul Rachman Saleh yang melayani penerbangan domestik ke Jakarta dan Bali. Anda juga dapat terbang ke Bandara Juanda di Surabaya yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Malang. Dari Surabaya, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api atau bus. Perjalanan dari Surabaya ke Malang hanya sekitar 2–3 jam melalui jalan tol Surabaya-Gempol. Anda bisa naik bus dari berbagai kota, termasuk Jakarta, ke Malang. Perjalanan dari Jakarta ke Malang sekitar 18 jam dengan bus. Malang memiliki terminal bus antarkota yang besar, yakni Arjosari, yang terletak di Malang bagian utara. Perjalanan ke Malang juga dimungkinkan dengan kereta api dari kota-kota lain, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

12 Destinasi Wisata Terpopuler di Malang

Di tengah udara pegunungan yang sejuk, Kota Malang di Jawa Timur menjelma menjadi destinasi wisata yang menyimpan sejuta pesona. Jika dahulu Malang dikenal lewat kuliner bakwan malang yang populer, kini segudang obyek wisata mulai dari wisata alam, museum, wisata budaya, kuliner hingga theme park menunggu untuk dijelajahi. Saking banyaknya, mungkin butuh waktu lebih dari seminggu untuk bisa mengeksplorasi semuanya.

Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Destinasi wisata yang dipenuhi kisah legenda. Airnya jernih dan sejuk, ditambah pemandangan kawasan hutan yang menakjubkan akan memudarkan rasa lelah setelah berjalan kaki cukup lama menembus hutan untuk mencapainya.

Agrowisata Apel Malang

Agrowisata Apel Malang

Sebagai kota apel hijau, Malang dan Batu menawarkan berbagai jenis agrowisata perkebunan apel, di mana pengunjung bisa memetik apel sendiri. Salah satu contohnya adalah perkebunan apel di daerah Bumiaji, Desa Agrowisata.

Air Terjun Sumber Pitu

Air Terjun Sumber Pitu

Eksotisme air terjun ini terletak pada jumlah alirannya yang berjumlah tujuh dan dipercaya menyimpan kekuatan magis. Tapi, di luar misterinya, Sumber Pitu adalah fenomena alam yang memiliki kecantikan luar biasa.

 

Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep

Pantai sepi ini memiliki pasir putih yang halus dengan air laut biru, yang membuat Anda serasa berada di Lombok. Pantai yang masih perawan ini sangat pas sebagai tempat bersantai sambil menikmati suara debur ombak dan menghirup nikmatya aroma laut.

 

Arung Jeram Kasembon

Arung Jeram Kasembon

Kasembon sangat terkenal di kalangan pecinta rafting. Kasembon sendiri adalah wilayah Kabupaten Malang paling barat. Wisata arung jeram Kasembon di aliran Sungai Konto dan Sungai Sumber Dandang dengan jeram-jeramnya yang menantang.

 

Museum

Museum

Museum unik yang ada di Kota Batu ini mengoleksi mobil-mobil tua yang sangat otentik dari Eropa, Amerika, Asia hingga kereta yang ditarik oleh kuda dan sapi. Ada juga mobil milik Presiden Soekarno. Museum ini sangat keren sebagai tempat berfoto.

 

Museum Brawijaya

Museum Brawijaya

Di museum yang menyimpan aura misterius ini, Anda bisa melihat “Gerbong Maut”, gerbong kereta kuno yang dulu dipakai mengangkut 100 pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya. Ketika sampai, hanya 12 orang saja yang masih hidup.

 

Museum Tubuh Bagong Adventure

Museum Tubuh Bagong Adventure

Museum unik di Batu ini berbentuk relief tubuh manusia dan memiliki 13 area seperti Zona Otak, Gigi, Mata, Telinga, Mulut, Hidung, Tulang, Jantung, Hati, Paru-paru, Usus besar, Usus Halus, Lambung, Pembuluh Darah, dan bagian tubuh lainnya.

 

Omah Kayu

Omah Kayu

Konsep penginapan unik di Batu ini mirip rumah pohon. Jadi, kamu bisa menikmati sensasi “tidur di atas pohon” di dalam kabin kayu yang nyaman. Pemandangan indah Kota Batu dan persawahan di pagi dan malam hari bisa Anda nikmati dari sini.

 

Bukit Paralayang

Bukit Paralayang

Untuk penggemar paralayang, silakan datang ke sini untuk merasakan tantangan dan menikmati pemandangan Kota Batu sambil melayang bebas di udara. Di tempat yang jadi bagian dari Taman Wisata Gunung Banyak ini, Anda juga bisa bermain flying fox.

 

Jatim Park I dan II

Jatim Park I dan II

Wahana wisata yang sangat populer di Batu, Malang. Jatim Park I memiliki 36 wahana, termasuk kolam renang raksasa berhias patung Ken Dedes dan Ken Arok, spinning coaster, dan drop zone. Jatim Park II berisi Museum Satwa dan Batu Secret Zoo.

 

Toko Oen

Toko Oen

Restoran legendaris di Malang yang sudah berdiri sejak tahun 1930 ini terkenal dengan es krimnya yang khas. Selain es krim, Toko Oen juga menjual masakan Indo-Belanda, dan suasana di dalam restoran pun kental bernuansa tempo doeloe.