Tentang Pangandaran

Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Sebuah tujuan wisata dengan pantai-pantainya yang terkenal. Ini adalah tempat yang ideal untuk rekreasi keluarga maupun individu. Dari berenang, snorkeling, jet ski, memancing hingga mendaki bukit.

Transportasi

Penerbangan tersedia dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta dan Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Bandara Nusawiru di Pangandaran. Ini merupakan cara tercepat dan ternyaman menuju Pangandaran.
Cara paling umum untuk menuju Pangandaran adalah menggunakan bis, biasanya dari Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Tidak semua bis menuju langsung ke Pangandaran dan harus berganti bis di Ciamis, Tasikmalaya, atau Banjar. Perjalanan bis langsung dari Jakarta memakan waktu sekitar 7 jam.
Apabila Anda membawa mobil sendiri, Anda bisa mengunjungi Pangandaran melalui jalan Tol Jakarta-Cikampek, jalan Tol Purbaleunyi, Nagreg, Malangbong, Ciawi, Tasik, Ciamis, dan Banjar. Dari Yogyakarta, rutenya melewati Cilacap dan Kalipucang.
Dengan kereta api, Anda bisa turun di Banjar dan meneruskan perjalanan ke Pangandaran dengan bis.

8 Obyek Wisata Menarik di Pangandaran

Pangandaran di Ciamis, menawarkan wisata pantai yang ramai, cagar alam di tepi pantai yang indah, hutan mangrove, juga sungai yang terkenal dengan sebutan Green Canyon.

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran memiliki air yang jernih dan bersih, arusnya tenang dan aman untuk berenang. Selain itu, Anda bisa memancing, bersepeda, olahraga air, menjelajahi pedesaan, dan belanja suvenir cantik berbahan kerang.

Festival Layang-layang Internasional Pangandaran

Festival Layang-layang Internasional Pangandaran

Pada setiap bulan Juni atau Juli, di Pangandaran selalu rutin terselenggara acara internasional, yakni Festival Layang-layang Internasional. Saat itu, pantai dimeriahkan oleh ratusan layangan indah.

Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas menawarkan keindahan alam yang tenang serta gelombang laut yang bersahabat. Anda dapat menikmati suasana damai di pantai ini sambil menikmati kuliner di sekitar pantainya.

Sungai Citumang

Sungai Citumang

Sebuah sungai yang membelah hutan jati dengan air sungai yang bersih dan kebiru-biruan, dan di beberapa titik Anda bisa berenang. Keistimewaan dari tempat ini adalah sungai dan alam yang indah.

 

Green Canyon

Green Canyon

Dikenal juga dengan nama Cukang Taneuh, Green Canyon menawarkan aktivitas body rafting, melintasi menembus goa yang indah. Daerah ini juga diapit dua bukit, bebatuan dan pepohonan.

Pangandaran Waterpark

Pangandaran Waterpark

Waterpark yang berada di tepi pantai ini dilengkapi sejumlah kolam renang besar dengan berbagai permainan seperti water slide, lapangan khusus untuk bermain ATV dan highrope.

Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu

Dinamakan Batu Hiu karena di pantai ini terdapat batu yang terlihat di laut menyerupai ikan hiu. Pantai ini terletak di desa Ciliang. Anda bisa menikmati keindahan pantai dari atas karang.

 

Cagar Alam Pananjung Pangandaran

Cagar Alam Pananjung Pangandaran

Cagar alam ini berada di dalam Kawasan Wisata Pantai Pananjung. Hutan indah ini merupakan rumah bagi banteng, rusa dan monyet. Ada juga gua eksotis dan makam kuno, juga pantai indah.

 

Tips Wisata ke Pangandaran

Kegiatan apa yang bisa dilakukan di Pangandaran?

  • Rasakan pengalaman menakjubkan di Taman Nasional Pangandaran
  • Liburan keluarga di Pantai Pangandaran atau Pantai Pananjung
  • Body rafting di Green Canyon
  • Menikmati pemandangan indah di Citumang
  • Berenang dan berselancar di Batu Karas
  • Bersantai di dataran tinggi Batu Hiu yang asri

Makanan apa yang bisa dicoba di Pangandaran?

  • Pindang gunung, seafood, dan ikan asin kering

Bagaimana dengan transportasi di Pangandaran?

  • Disarankan, Anda sebaiknya menaiki bus yang langsung menuju ke Pangandaran.
  • Bus dari Banjar ukurannya kecil dan sebagian besar penuh
  • Jenis transportasi paling sederhana di Pangandaran adalah becak.
  • Sewa motor atau sepeda untuk keliling sekitar Pangandaran
  • Bis sering lalu-lalang di sekitar pantai

Apa yang harus diperhatikan di Pangandaran?

  • Berenanglah hanya di sepanjang daerah yang ditunjuk. Beberapa pantai relatif berbahaya dan tidak cocok untuk berenang. Patuhilah peraturan keselamatan dan perhatikan himbauan dari petugas keselamatan pantai.
  • Selama akhir pekan atau musim liburan, biasanya hotel dan akomodasi lainnya telah penuh dipesan. Jadi, dianjurkan untuk membuat reservasi sebelum bepergian ke Pangandaran.
  • Pemandu wisata bisa membantu Anda melakukan perjalanan dengan nyaman dan membuat pengeluaran Anda tidak terbuang percuma.
  • Pangandaran juga kerap menjadi tuan rumah berbagai acara tahunan. Satu di antaranya adalah Festival Internasional Layang-layang yang diadakan pada bulan Juli setiap tahunnya. Datanglah ke sana pada bulan Juli untuk merasakan kemeriahan festival tersebut.
  • Pangandaran cocok dikunjungi oleh wisatawan segala usia dan tempat yang ideal untuk didatangi kapan saja sepanjang tahun.