Tentang Banten

Banten adalah provinsi paling barat di Pulau Jawa. Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta, Banten menawarkan keindahan alam dan daya tarik budaya yang beragam serta unik. Dengan akses yang cukup mudah, Banten menjadi pilihan lokasi liburan bagi warga di kota-kota sekitarnya.

Transportasi

Sebuah jalan raya utama yang menghubungkan Jakarta dan Merak terhampar sepanjang pantai utara dan dibagi menjadi beberapa bagian: Tol Jakarta - Tangerang - Merak, bagian dari jalan tol Trans-Jawa. Anda juga bisa mencapai Banten dengan mobil atau sepeda motor melalui jalan Jakarta-Merak. Ada juga terminal bus, seperti Poris Plawad, Labuan, Cikokol, dan Serang. Provinsi Banten memiliki banyak stasiun kereta api. Rute kereta api yang melintasi Banten terintegrasi sampai Jakarta, Bekasi, dan Bogor. Banten juga bisa dicapai dari pulau-pulau lain melalui laut dengan pintu masuk terletak di Pelabuhan Merak. Provinsi ini memiliki terminal feri yang sibuk dengan tujuan Lampung di Pulau Sumatera. Satu-satunya bandara komersial di provinsi ini adalah Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta. Bandara ini terletak di Kota Tangerang. Hanya sekitar 30 menit, jarak antara bandara ke pusat kota Tangerang. Namun, yang harus diperhatikan adalah cukup banyak titik kemacetan, terutama di kota. Selain itu, sejumlah ruas jalan juga rusak karena sering dilewati truk besar atau bus ke dan dari pelabuhan Merak.

8 Lokasi Wisata Menarik di Banten

Provinsi Banten lebih dikenal sebagai kawasan industri. Pabrik-pabrik memang banyak ditemui di wilayah ini. Letaknya yang dekat Jakarta, bisa menjadikannya sebagai salah satu destinasi untuk bertamasya dan liburan di akhir pekan.

Pantai Anyer

Pantai Anyer

Salah satu tempat wisata di Banten yang paling ramai dan popular. Berlokasi di Kabupaten Serang, Pantai Anyer adalah pantai yang memiliki pasir putih yang indah dan menarik. Berbagai fasilitas olahraga air dan penginapan juga tersedia.

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Dekat dengan Pantai Anyer, Pantai Karang Bolong adalah pantai yang sangat unik karena berada di dalam sebuah karang yang bolong karena hempasan ombak. Anda tidak dapat berenang di sini karena banyak karang di lokasi ini sehingga dapat membahayakan Anda.

Pantai Carita

Pantai Carita

Terletak di Kabupaten Pandeglang, pantai ini mempunyai ombak yang kecil berpadu dengan pasir putih. Anda juga bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari tepi pantai. Sejumlah fasilitas pariwisata dan penginapan juga sudah banyak terdapat di sini.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Terletak di ujung barat Pulau Jawa. Kegiatan utama yang dapat dilakukan di sini adalah trekking, berkemah, dan melihat alam liar. Fungsi utama Taman Nasional Ujung Kulon selain sebagai tempat wisata adalah sebagai tempat perlindungan badak yang terancam punah.

Tanjung Lesung

Tanjung Lesung

Kawasan pantai di ujung barat Pulau Jawa, sekitar 180 km dari Jakarta. Tanjung Lesung memiliki pantai berpasir putih yang masih asri dan bersih. Selain bersantai, Anda juga bisa menyelam, bermain olahraga air, memancing, dan menginap di vila, resort atau homestay.

Pulau Umang

Pulau Umang

Terletak dekat dengan Tanjung Lesung, sekitar 6 jam dari Jakarta. Dari Kecamatan Sumur, 5-10 menit dengan speedboat untuk mencapai Pulau Umang. Fasilitas tersedia dari kolam renang, karaoke, sarana olahraga, ruang pertemuan dan permainan air.

Kampung Baduy

Kampung Baduy

Kampung Baduy berada di Kabupaten Lebak dan didiami oleh suku Baduy, salah satu suku asli yang ada di Banten yang masih kental adat sundanya dan memegang nilai-nilai kehidupan leluhurnya. Lihat karya tradisional dan pemandangan di Baduy Luar, serta trekking ke Baduy Dalam.

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Nama Pantai Sawarna dalam beberapa tahun terakhir makin populer. Terletak di Desa Sawarna, pantai ini berjarak kurang lebih 150 km dari Rangkasbitung. Di samping bersantai, Anda bisa berselancar di pantai ini yang memang memiliki ombak cukup besar.

Tips untuk Liburan ke Banten

Hal apa yang harus Anda perhatikan ketika berlibur ke Banten?

  • Disarankan untuk berangkat waktu subuh, terutama ketika akhir pekan untuk menghindari kemacetan di jalan menuju Banten
  • Gunakan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) atau mobil keluarga karena ada beberapa jalan yang sulit untuk dilalui mobil jenis sedan atau city car. Pelajari pula rute perjalanan Anda.
  • Menginaplah satu atau dua malam.
  • Pada long weekend atau hari libur nasional, sebaiknya pesan dahulu tempat untuk menginap karena hampir semua penginapan penuh, termasuk home stay.
  • Jika Anda ingin mencicipi makanan di sekitar Banten, tanyakanlah harga makanan terlebih dahulu.
  • Kenali tentang adat istiadat masyarakat setempat, terutama jika Anda ingin mengunjungi Kampung Baduy.

Makanan apa yang harus dicoba di Banten?

  • Pecak bandeng, ceplis, sagon bakar, sate bandeng, laksa, nasi sumsum dan lain-lain.

Kegiatan apa yang dapat dilakukan di Banten?

  • Snorkeling di Pulau Oar
  • Berselancar di Pantai Sawarna
  • Melihat badak di Taman Nasional Ujung Kulon
  • Bermain di Ocean Park Water Adventure
  • Menginap di Tanjung Lesung
  • Mengadakan acara keluarga di Pulau Umang
  • Melihat keindahan bawah laut di Pulau Tunda
  • Mengunjungi Masjid Al-Azhom
  • Melihat lebih dekat Gunung Anak Krakatau
  • Rekreasi di Pantai Karang Bolong
  • Bersantai di Pantai Carita dan Pantai Anyer
  • Trekking ke Air Terjun Curug Gendang
  • Menemukan jejak sisa kerajaan Islam di Masjid Agung dan reruntuhan istana
  • Menelusuri sejarah di Museum Benteng
  • Menikmati kehidupan alam di Desa Kanekes atau suku Baduy Luar