Aktivitas di Palembang

Tentang Palembang

Palembang dibelah oleh salah satu sungai terpanjang dan terlebar di Indonesia, yakni Sungai Musi. Sungai tersebut memiliki banyak anak sungai yang bercabang-cabang sehingga Palembang disebut juga “Venesia dari Timur. Palembang adalah kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan dan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Wilayah Palembang juga dahulu kala menjadi pusat kerajaan Sriwijaya yang memiliki pengaruh di Asia Tenggara. Kini, aliran Sungai Musi yang berpadu dengan sejarah, sosial, budaya, dan tumbuhnya berbagai sektor di Palembang membuat kota ini memiliki banyak tempat tujuan menarik untuk dikunjungi.

Transportasi

Palembang memiliki Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II yang melayani penerbangan ke berbagai kota di Indonesia, juga ke Singapura dan Kuala Lumpur. Palembang juga memiliki tiga pelabuhan utama, Tanjung Api-Api (pelabuhan internasional Palembang), 36 Ilir, dan Boom Baru di pinggir sungai. Dari Tanjung Api-Api, feri menghubungkan Palembang ke Pelabuhan Tanjung Kalian di sisi barat Pulau Bangka dan juga ke Pulau Batam. Sejumlah bus juga memiliki rute ke Palembang dari kota-kota lainnya, termasuk Jakarta, Padang, Bukit Tinggi, Jambi, Pekanbaru, Dumai, atau Bengkulu.
Rel kereta api menghubungkan Palembang ke Bandar Lampung, Tanjung Enim, Lahat, dan Lubuk Linggau. Stasiun kereta api terbesar di Palembang adalah Stasiun Kertapati. Palembang juga bisa dituju dengan mobil dari Jakarta, sekitar 20 jam dengan menyeberangi Selat Sunda terlebih dahulu dari Pelabuhan Merak.

Mengenal Palembang

10 Tempat Wisata Paling Menarik di Palembang dan Sekitarnya

Tak hanya memiliki berbagai kuliner khas yang nikmat seperti pempek dengan cuka pedas, Palembang juga punya banyak destinasi wisata menarik yang pantas dimasukkan dalam daftar tujuan wisata Anda. Selain wisata kota yang menarik, Palembang juga menawarkan wisata budaya dan sejarah yang kaya. Tak heran, ibu kota Sumatera Selatan ini dahulu merupakan wilayah kerajaan Sriwijaya, kerajaan Buddha terbesar di Asia Tenggara.

Jembatan Ampera

Jembatan Ampera

Ikon Kota Palembang yang berdiri di atas Sungai Musi dan mengesankan di malam hari. Sekitar 50 meter dari Jembatan Ampera, Anda bisa menemukan pasar yang merupakan pusat souvenir dan makanan untuk membeli oleh-oleh dan berwisata kuliner.

 

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho

Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo memiliki arsitektur bergaya oriental dengan ornamen khas Tionghoa, dan sekilas mirip dengan kelenteng. Untuk mengunjungi masjid yang berada di kawasan Jakabaring ini, Anda tidak harus membayar biaya apapun.

 

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Daya tarik pulau ini ada pada pagoda dan kuil-kuil indah yang membuat Anda merasa seperti sedang berada di Tiongkok. Selain pemandangan yang indah, pada saat perayaan Cap Go Meh, pulau ini sangat meriah dan dipercantik ornamen khas Tiongkok.

 

Taman Bukit Siguntang

Taman Bukit Siguntang

Di tempat indah ini, Anda bisa menikmati wisata alam dibawah rindangnya pepohonan, dan merasakan sejuknya udara. Selain itu ada beberapa makam peninggalan zaman Sriwijaya, seperti makam raja-raja, arca, dan Prasasti Kedukan Bukit.

 

Taman Wisata Kambang Iwak

Taman Wisata Kambang Iwak

Merupakan kawasan yang asri dengan banyak pepohonan rimbun, jembatan, air mancur, serta kolam besar, dan sering dimanfaatkan untuk jogging dan bersantai. Indahnya taman bisa dinikmati sambil berwisata kuliner dengan banyaknya kafe dan warung.

 

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak

Selain gedung tua yang masih terihat bersih dan terawat, Anda bisa melihat indahnya Sungai Musi, karena Benteng Kuto Besak berada di tepiannya. Menjelang sore, pemandangan makin indah. Matahari terbenam nampak berkilauan di permukaan sungai.

 

Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Air terjun megah dan indah yang berada di Lahat ini didampingi tiga air terjun lainnya, yaitu Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing dan Air Terjun Naga. Keindahan alam dan jernihnya sungai juga bisa Anda nikmati di sini.

 

Curup Maung

Curup Maung

Keindahan air terjun Curup Maung yang berada di tengah hutan ini tak perlu dipertanyakan lagi.  Anda bisa merasakan segarnya mandi di Sungai Lematang, di bawah guyuran air terjun yang terlihat indah, dengan dua air terjun besar dan lima air terjun kecil.

 

Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan wisata yang berjarak 7 kilometer dari pusat kota Palembang ini dipenuhi pepohonan pinus yang menjulang anggun. Selain menikmati alam, kamu bisa juga berenang, berperahu, atau piknik. Di sini juga ada penangkaran buaya dan kebun binatang.

 

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Bangunan masjid terbesar di Kota Palembang ini merupakan gabungan dari arsitektur Indonesia, Eropa, dan China. Obyek wisata religi ini berada dekat dua pasar yang menjual suvenir, kain tenun songket, kerajinan kayu, dan makanan.

 

Tips Wisata ke Palembang

Apa yang bisa dilakukan di Palembang?

  • Menyusuri sungai Musi dengan perahu dan melihat Jembatan Ampera
  • Mengagumi Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II
  • Melakukan perjalanan bersejarah ke Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya atau Taman Bukit Siguntang
  • Mengunjungi Museum Sultan Machmud Badaruddin II
  • Berkunjung ke satu-satunya benteng di Indonesia dengan nama Indonesia Kuto Besak
  • Trip ke Pulau Kemaro
  • Rekreasi keluarga di Hutan Wisata Punti Kayu
  • Bersantai di Taman Kambang Iwak

Makanan apa yang harus dicoba di Palembang?

  • Pempek, pindang, tekwan, model, mie celor, laksan, lakso, dan klempang.

Bagaimana dengan transportasi di Palembang?

  • Palembang memiliki armada taksi dalam jumlah besar. Jika Anda memilih jenis transportasi yang lebih terbuka, naik becak atau ojek bisa menjadi gantinya.
  • Ada juga kapal tradisional yang melayani orang-orang yang tinggal di dekat sungai. Perahu tradisional ini disebut “ketek” atau sampan.
  • Palembang memiliki jaringan rute mini-bus sebagai sarana utama transportasi umum. Di Palembang, baru-baru ini juga beroperasi Bus Rapid Transit (BRT) bernama Trans Musi.

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Palembang?

  • Di Palembang juga sering diadakan berbagai festival setiap tahun, di antaranya Festival Sriwijaya pada bulan Juni untuk memperingati HUT Palembang, Festival Kapal Hias saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus, Festival Sungai Musi, Festival Perahu Tradisional dan berbagai festival memperingati tahun baru Islam, bulan Ramadhan, dan pergantian tahun.
  • Disarankan untuk datang ke Palembang saat acara-acara tersebut berlangsung. Satu hal lagi, jagalah selalu barang-barang Anda saat bepergian di Palembang.