Tentang Kalimantan

Sungai memainkan peranan penting dalam aspek komunikasi dan ekonomi penduduk pulau ini. Sungai-sungai ini bermuara ke lautan dengan pantai-pantai yang indah. Namun, pulau ini juga memiliki suaka margasatwa dan taman nasional sebagai tempat perlindungan bagi satwa liar. Belum lagi, kearifan lokal dapat memberi kita pelajaran mengenai harmoni dalam kehidupan.

Transportasi

Kalimantan dapat dijangkau melalui pintu masuk sejumlah bandara udara, seperti Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah; Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Kalimantan Timur; Bandara Syamsuddin Noor, Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Bandara Internasional Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat dan lain-lain. Sebagian bandara-bandara itu melayani penerbangan domestik dan internasional.
Bis umum dari pulau-pulau lain di Indonesia, dan juga dari Kuching, Malaysia ke Pontianak. Kapal laut juga tersedia menuju Kalimantan dari pulau-pulau lainnya di Indonesia, termasuk Jakarta. Kapal cepat berangkat secara rutin dari Nunukan di Kalimantan Timur ke Tawau di Sabah, Malaysia.

10 Destinasi Wisata Paling Menakjubkan di Kalimantan

Pulau terbesar di Indonesia dan ketiga terbesar di dunia ini juga dikenal dengan nama Borneo yang merupakan pusat sumber daya hayati terbesar di Indonesia, dan salah satu yang terbesar juga di dunia, selain Amazon. Anda tak akan melupakan petualangan di surga yang berada di Pulau Kalimantan ini.

Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan

Kakaban, Maratua dan Sangalaki menjadi bagian dari Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur memiliki keindahan bawah laut mempesona. Berenang bersama penyu dan manta raksasa, dan snorkeling di danau penuh jutaan ubur-ubur tanpa sengat.

 

Kota Singkawang

Kota Singkawang

Kota Singkawang di Kalimantan Barat memiliki pantai yang cantik, Pantai Samudera Indah, Pantai Omong, Pantai Pasir Panjang dan Pantai Batu Payung. Kunjungi juga Taman Bukit Bougenville, Danau Biru yang mempesona juga Sinka Island Park di Pulau Simping.

 

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Salah satu taman nasional paling terkenal dengan konservasi orangutan yang bernama Camp Leakey. Lebih dari 800 jenis tumbuhan, 250 jenis burung, dan 30 jenis mamalia hidup di alam bebas. Susuri sungai yang membelah hutan dengan kapal klotok.

 

Kota Air Muara Teweh

Kota Air Muara Teweh

Di tepian Sungai Barito di Kalimantan Tengah, Anda bisa melihat berbagai bangunan dan rumah terapung di atas air, beserta kehidupan sehari-hari penghuninya yang unik. Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang menarik dari hijaunya hutan.

 

Kota Martapura

Kota Martapura

Di sinilah surganya pecinta batu permata. Ada dua pusat perdagangan hasil olahan batu permata, yaitu Pasar Batu dan Pasar Cahaya Bumi Selamat. Berbagai perhiasan bertatahkan batu mulia bisa Anda temukan di pasar ini, juga kain khas Sasirangan.

 

Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar yang menjadi ciri khas Kalimantan Selatan ini tak jauh dari pusat Kota Banjarmasin, tepatnya di Sungai Kuin, dan dipenuhi dengan perahu-perahu jukung yang menjajakan barang. Mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga menu khas Banjarmasin, Soto Banjar.

 

Ekspedisi Gunung Kelam

Ekspedisi Gunung Kelam

Petualangan untuk Anda yang berhasrat mencapai tempat impian yang terpencil. Taman Wisata Bukit Kelam di Kabupaten Sintang menyimpan legenda misterius, mulai dari cerita Bukit Kelam hingga bebatuan unik yang diperkirakan pecahan meteor.

 

Ekspedisi Suku Dayak

Ekspedisi Suku Dayak

Suku Dayak asli Kalimantan memiliki budaya menarik untuk dijelajahi. Anda bisa melihat keindahan Danau Jempang, Sungai Ohong, Long Iram, bertemu suku Dayak Benuaq, hingga menginap di perahu. Susuri juga Sungai Mahakam dengan kayak.

 

Bukit Penjamur

Bukit Penjamur

Bukit setinggi 900 mdpl di Kabupaten Bengkayang, 4 jam dari Pontianak, tengah menjadi primadona di kalangan pencinta alam. Dengan trek yang tidak terlalu susah, Bukit Penjamur ini menawarkan pemandangan lautan awan dan sunrise yang spektakuler.

 

Air Terjun Mananggar

Air Terjun Mananggar

Air terjun yang mirip Niagara ini terletak di Serimbu, Landak, 5 jam perjalanan dari Pontianak. Pemandangan air terjun yang masih alami di tengah rimba Kalimantan, ditambah interaksi dengan masyarakat Suku Dayak di sekitarnya akan menjadikan liburan berkesan.

 

Tips Liburan ke Kalimantan

Apa yang bisa dilakukan di Kalimantan?

  • Menyelam bersama penyu hijau di Pulau Derawan atau Pulau Maratua
  • Melihat ubur-ubur di danau di Pulau Kakaban
  • Melihat Danau Sentarum yang terkenal
  • Melihat matahari terbenam di Pantai Melawai
  • Menemui orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting
  • Merasakan sensasi menawar di atas klotok atau ces (sejenis perahu) saat Anda berbelanja di Pasar Terapung Muara Kuin
  • Mengikuti eco-tour ke Bukit Bangkirai
  • Paralayang di Bukit Kelam
  • Menikmati hari yang cerah di Pulau Beras Basah
  • Menaiki klotok di Sungai Mahakam untuk berkeliling Kalimantan
  • Menyaksikan Festival Cap Go Meh di Singkawang dan belajar mengenai kearifan lokal dari Dayak (suku di Kalimantan)

Makanan apa yang harus dicoba di Kalimantan?

  • Soto Banjar, patin baubar, lempok durian, es lidah buaya, mie sagu, pengkang, lemang, gagodoh, gangan, bubur pedas, ayam cincane, sayur rotan, amparan tatak pisang, pisang gapit, udang galah, juhu umbut sawit, lontong orari, kapah dan sebagainya.

Bagaimana dengan transportasi di Kalimantan?

  • Relatif mudah dan cepat untuk bergerak dari satu ibu kota provinsi ke ibu kota provinsi lainnya di Kalimantan. Ada penerbangan reguler antara Palangkaraya, Banjarmasin, Pontianak, dan Samarinda.
  • Taksi dan becak tersedia hanya di kota-kota besar.
  • Anda bisa menyewa kapal motor yang dihitung per jam untuk mengelilingi Kalimantan mengingat pulau ini terdiri atas sungai dan hutan-hutan.
  • Taksi air (perahu kecil) adalah salah satu sarana transportasi utama.
  • Untuk petualangan lebih, Anda bisa menyewa klotok.
  • Sejumlah jalan di Kalimantan dalam kondisi buruk. Jadi, lebih baik Anda menyewa kendaraan yang mampu melintasi jalanan penuh lubang atau berlumpur.

Apa yang harus diperhatikan ketika pergi ke Kalimantan?

  • Pakailah sepatu boot jika memiliki rencana untuk mengunjungi desa-desa. Banyak wilayah di Kalimantan merupakan tanah gambut atau liat.
  • Bawa juga lotion anti nyamuk bila ingin pergi ke hutan.
  • Pada dasarnya, penduduk lokal bersahabat. Namun, Anda tetap harus berperilaku baik. Beberapa desa tradisional memiliki aturan yang harus Anda hormati.
  • Seorang pemandu wisata berpengalaman dapat membantu Anda menjelajahi Kalimantan dengan aman dan nyaman.