Tentang Lampung

Gunung Krakatau sangat terkenal di dunia karena letusan dahsyatnya pada tahun 1883. Secara administratif, di provinsi Lampung inilah Gunung Krakatau dahulu pernah berada. Lampung menawarakan keindahan alam, warisan budaya, situs geologi hingga berbagai taman nasional untuk pusat perlindungan gajah.

Transportasi

Bandar Lampung dapat diakses dengan pesawat udara melalui Bandara internasional Radin Inten II. Penerbangan domestik dari Jakarta atau kota-kota lainnya. Bus juga tersedia menuju Lampung dari berbagai provinsi. Lampung memiliki satu terminal besar, yakni Rajabasa. Terminal ini adalah tujuan bus antar provinsi dari Jakarta dan kota-kota lainnya di Jawa. Terminal ini juga menghubungkan Bandar Lampung dengan kota-kota besar lainnya di Pulau Sumatera, seperti Palembang, Medan, Pekanbaru dan banyak lagi. Perjalanan dari Jakarta memakan waktu sekitar 8 jam dengan bus. Ini termasuk melintasi Selat Sunda antara Pelabuhan Merak di Jawa dan Pelabuhan Bakaheuni di Lampung dengan feri.
Bandar Lampung merupakan salah satu dari hanya dua kota besar di Sumatera yang dilintasi oleh kereta api. Rute kereta api menghubungkan Bandar Lampung dengan Palembang di Sumatera Selatan. Anda juga dapat melakukan perjalanan ke Lampung dengan mobil atau sepeda motor. Dari Jakarta ke Lampung, Anda harus menuju ke Pelabuhan Merak. Di sini, kendaraan biasanya harus menunggu untuk menyeberangi Selat Sunda ke Pelabuhan Bakauheni di Bandar Lampung. Dari Bakauheni, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi tujuan.

10 Tempat Wisata Terbaik di Lampung

Lampung adalah salah satu propinsi di Sumatera yang mulai dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Beberapa tempat yang indah mulai ramai dikunjungi wisatawan. Didukung, letaknya yang mudah dijangkau dari Ibukota, popularitas Lampung cepat menanjak di kalangan wisatawan.

Pulau Pahawang

Pulau Pahawang

Pulau ini memiliki pantai pasir putih indah, air yang biru jernih, dan pesona bawah laut. Pahawang sempurna untuk snorkeling, dengan terumbu karang dan beragam ikan yang cantik, terutama di Tanjung Putus, Pahawang Kecil, Pahawang Besar dan Batu Mandi.

Teluk Kiluan

Teluk Kiluan

Di Teluk Kiluan Anda bisa melihat lumba-lumba langsung di habitat aslinya. Selain melihat lumba-lumba, ada Pulau Kelapa dengan pantai berpasir putih bersih dan gradasi air laut berwarna biru toska hingga biru gelap, dan pesisirnya dihiasi pepohonan tropis.

 

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas menyajikan ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang, semak belukar, dan hutan pantai di Sumatera. Taman nasional ini merupakan suaka perlindungan gajah.

Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu

Air terjun setinggi 80 meter yang berada di Way Kanan ini sangat mempesona, karena alam sekitarnya yang asri dan sejuk. Anda bisa berenang di danaunya yang berair segar, berkemah, menikmati serunya trekking atau lintas alam, atau memanjat tebing.

 

Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia

Selain karena panorama alaminya yang indah, pantai pasir putih ini punya ombak yang tinggi dan menantang, hingga jadi destinasi favorit untuk berselancar. Kondisi laut dan pantainya perawan, dan tak seperti pantai lain yang panas, udaranya di sini sejuk.

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Dilihat dari dekat maupun dari jauh, Kepulauan Krakatau alias Krakatoa tetap menawan. Anda bisa hiking di Anak Gunung Krakatau dan menjelajah Cagar Alam Krakatau, hingga snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan terumbu karangnya.

Pulau Tangkil

Pulau Tangkil

Di pulau cantik ini tersedia berbagai jenis olahraga air, seperti parasailing, flying fish, donut, kano, jetski, bandwagon, glass-bottom boat, hingga snorkeling. Tinggal datang saja ke Tangkil Resort untuk menikmati berbagai jenis watersport yang seru tersebut.

Pulau Condong

Pulau Condong

Pulau ini memiliki keindahan alam yang masih asli. Bentuknya seperti kerucut dengan lereng dan permukaan bukit dipenuhi oleh vegetasi hutan pantai. Pantainya berpasir putih, dengan air sangat jernih. Anda bisa mencoba panjat tebing di sini.

 

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo adalah kompleks peninggalan kebudayaan masa lalu. Koleksi unik peninggalan purbakala berupa kuburan batu, meja batu, altar batu, dan batu mayat akan membawa Anda menjelajah waktu ke zaman kuno.

Pulau Kubur

Pulau Kubur

Pulau ini sebenarnya adalah gugusan besar karang. Dataran dari pulau ini merupakan karang besar yang dikelilingi oleh lautan. Walaupun namanya menyeramkan, pulau ini menjadi destinasi wisata memancing karena ikan-ikan besar berkumpul di sini.

Tips Wisata ke Lampung

Kegiatan apa yang bisa Anda lakukan di Lampung?

  • Wisata bersama keluarga ke Tanjung Setia Beach
  • Berselancar, berenang atau snorkeling di Pulau Kelagian
  • Berselancar di Pantai Krui
  • Melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan
  • Trekking di Cagar Alam Krakatau
  • Menonton atraksi gajah di Taman Nasional Way Kambas (TNWK)
  • Bersantai di Danau Ranau sambil makan ikan bakar dan minum secangkir teh
  • Mampir ke mata air panas di Pulau Marisa
  • Bersantai di Pantai Pasir Putih
  • Mengamati harimau Sumatera yang langka di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)
  • Bermain dengan kupu-kupu di Taman Kupu-kupu Gita Persada
  • Eksplorasi sejarah Lampung di Museum Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Belanja berbagai macam karya seni dan suvenir di Pasar Seni
  • Mengunjungi Menara Siger
  • Melihat rumah tradisional otentik di Kampung Ulok Gading dan Kampung Kedamaian

Makanan apa yang harus dicoba di Lampung?

  • Seruit, geguduh, gulai taboh, gabing, umbu, sambal Lampung, dan keripik pisang