Tentang Flores

Flores merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini menawarkan petualangan bahari, situs warisan prasejarah, pendakian gunung, desa-desa tradisional dan acara budaya. Di sini, Anda bisa menyelam di salah satu dari puluhan lokasi menyelam spektakuler bersama dengan lumba-lumba dan hewan laut lainnya. Di sini, Anda dapat bertemu komodo. Di sini, Anda dapat berjemur di pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda. Di sini dan hanya di sini, Anda bisa melihat danau tiga warna. Di Flores, Anda akan mengalami banyak hal melebihi apa yang Anda harapkan.

Transportasi

Ada penerbangan harian dari Bali ke Labuan Bajo atau Maumere. Dari Jakarta, Anda bisa menggunakan maskapai penerbangan yang melayani rute ke Ende, Labuan Bajo, atau Maumere. Ada juga penerbangan dari Kupang ke Maumere dan Ende. Jika menggunakan bus dari Jakarta ke Flores, Anda bisa menggunakan bus langsung ke Bima (Sumbawa). Kemudian, dilanjutkan menggunakan transportasi laut yang menuju ke berbagai kota di Flores.

9 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Flores

Flores adalah sebuah pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebenarnya, nama asli pulau ini adalah Nusa Nipa (Pulau Ular). Pulau ini memiliki luas 14.300 kmĀ². Tidak hanya besar, Flores juga pulau yang indah sekaligus menakjubkan. Ini adalah sembilan lokasi wisata yang mengagumkan di Flores.

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo

Kawasan Warisan Dunia UNESCO ini terdapat Pulau Komodo, Rinca, dan Padar serta pulau kecil lainnya. Selain komodo, panorama savana dan bawah laut juga sangat mempesona. Anda bisa memancing, snorkeling, menyelam, berkano, dan berkemah.

Danau Kelimutu

Danau Kelimutu

Berada di puncak Gunung Kelimutu, tempat ini juga dikenal sebagai Danau Tiga Warna. Sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan karena tiga kawah dengan jarak yang berdekatan, namun memiliki warna air yang berbeda.

Pantai Merah (Pantai Pink)

Pantai Merah (Pantai Pink)

Pantai dengan pasir berwarna merah muda tidak hanya bisa ditemui di Lombok, namun juga di Flores, tepatnya di Taman Nasional Komodo. Warna pantai ini akan makin terlihat saat tersapu ombak.

Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang

Terletak sekitar 300 m timur Labuan Bajo, terdapat 3 air terjun di Cunca Wulang. Anda perlu trekking kira-kira 30 menit untuk mencapai air terjun. Nikmati pemandangan tebing yang mirip dengan Green Canyon dan air sungai berwarna biru jernih.

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa

Keindahan pantai dan bawah laut di pulau ini sangat mempesona. Pada sore hari air laut sekitar Pulau Kanawa akan surut sehingga para wisatawan dapat dengan mudah melihat beberapa biota laut, seperti bintang laut dan kepiting kecil yang ada di pesisir pantainya.

Rumah Pengasingan Soekarno

Rumah Pengasingan Soekarno

Rumah ini merupakan tempat Presiden RI pertama Soekarno menjalani hukuman pengasingan sebagai tahanan politik di Ende, Flores (1934-1938). Rumah sederhana itu tidak bernomor dan berada di tengah rumah-rumah penduduk yang beratap ilalang.

Cancar

Cancar

Anda dapat melihat keunikan sawah dengan formasi berbentuk seperti jaring laba-laba (warga setempat menyebutnya lingko) yang ada di Desa Cancar, 15 km dari Ruteng, kota kecil yang sejuk di pegunungan.

Goa Liang Bua

Goa Liang Bua

Goa Liang Bua merupakan objek wisata yang unik. Liang Bua adalah rumah orang-orang bertubuh pendek (Homo floresiensis), seperti hobbit di film Lord of The Rings, yang dulu mendiami lokasi tersebut.

Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin

Terletak sekitar 4 km dari Labuan Bajo, goa ini memiliki stalagtit dan stalagmit yang mempesona. Terlihat tekstur fauna laut di dinding goa dan ketika terkena sinar matahari, sejumlah bebatuan di goa ini akan tampak bercahaya.

Tips Liburan ke Flores

Bagaimana cara memesan liburan ke Flores?

  • Umumnya, berwisata ke Indonesia bagian tengah atau timur memerlukan dana yang tidak sedikit, termasuk ke Flores. Maka, hitung dengan cermat harga tiket pesawat, penginapan, makan, dan plesiran selama di sana. Jangan sampai Anda kehabisan uang dan kebingungan saat liburan.
  • Disarankan untuk memesan paket wisata dari website online atau travel agent untuk menghemat waktu dan biaya tak terduga
  • Banyak agen perjalanan akan membantu Anda melakukan perjalanan lebih nyaman ke Pulau Flores dengan rute yang lebih efisien
  • Saat musim liburan, pesan paket wisata atau akomodasi di Flores jauh di muka. Flores sudah menjadi destinasi yang dicari banyak turis dan sayangnya, penginapan di sana belum terlalu banyak

Apa yang harus dibawa ketika berlibur ke Flores?

  • Uang untuk keperluan tidak terduga, seperti kegiatan tambahan menyelam atau membeli oleh-oleh
  • Tabir surya, topi, atau kacamata hitam diperlukan karena saat siang hari Flores akan sangat terik
  • Obat nyamuk atau serangga
  • Sepatu olahraga atau hiking

Bagaimana cara pergi backpacking ke Flores sendiri?

  • Susunlah rute dengan bijak. Terlebih bila Anda hanya berkunjung ke Flores kurang dari seminggu. Jangan mengulang rute perjalanan agar biaya dan waktu yang dihabiskan lebih efektif.
  • Disarankan, mulailah perjalanan dari timur (Larantuka atau Maumere) dan mengakhirinya di barat (Labuan Bajo).
  • Anda bisa menyewa sepeda motor atau naik angkutan umum untuk menjelajahi Flores. Disarankan untuk bepergian dalam kelompok. Lebih nyaman lagi, Anda bisa menyewa seorang pemandu atau ikut dengan tour atau open trip.
  • Bus atau minibus terdapat di beberapa kawasan pulau ini. Bemo (angkutan umum pedesaan) juga bisa ditemui di sejumlah daerah.
  • Hati-hati bila menyewa mobil pribadi atau ojek karena beberapa jalan sangat sempit dan hanya memiliki lebar satu mobil. Medan jalan juga cukup berbahaya karena banyak belokan dan bukit-bukit. Akan lebih nyaman bila Anda menyewa mobil pribadi atau ojek lengkap dengan pengemudinya.

Apa yang harus diperhatikan ketika mengunjungi Flores?

  • Masyarakat Flores sangat ramah. Tak jarang, mereka tersenyum dengan orang-orang yang ditemuinya. Sebagai turis, bersikaplah sopan dan hormati budaya lokal.
  • Harap membawa makanan dan minuman Anda sendiri selama perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya.
  • Wanita yang sedang haid harus melapor ke petugas atau ranger khusus di Pulau Komodo. Komodo memiliki indera penciuman yang sangat kuat dan dapat berubah agresif ketika mereka mencium bau darah.
  • Sebagian besar area di Pulau Komodo dan Rinca adalah sabana yang rentan terhadap kebakaran saat musim kemarau sehingga merokok dan membuat api dilarang.

Makanan apa yang harus dicoba di Flores?

  • Jagung titi, tongkol bakar asap, ubi nuabosi, kena kita, kue rambut, rebok, kopi bajawa, moke