Tentang Bengkulu

Bengkulu adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera. Kota pesisir ini awalnya dikenal dengan nama Bencoolen. Dihiasi dengan kekayaan alam bervariasi, jejak sejarah tak ternilai dan keunikan budaya masyarakat setempat, Bengkulu menanti para pelancong untuk menghampirinya. Bengkulu memiliki potensi wisata yang beragam yang layak untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya hingga kuliner menjadi magnet bagi para wisatawan untuk menyambangi Bengkulu. Satu lagi yang menjadi daya tarik kuat di Bengkulu, yakni bunga Rafflesia Arnoldii. Bunga terbesar di dunia dapat dijumpai di sejumlah wilayah di Bengkulu. Tak heran Bengkulu sering disebut sebagai “Bumi Rafflesia”.

Transportasi

Provinsi Bengkulu mudah diakses melalui transportasi darat, udara, dan laut. Anda dapat menaiki bus reguler langsung dari Medan, Padang, atau Jakarta. Penerbangan memiliki jadwal beberapa kali dalam sehari. Kapal laut domestik tersedia dari Jakarta, Padang, dan Medan.

9 Tempat Wisata untuk Liburan Anda di Bengkulu

Bengkulu adalah sebuah provinsi yang terletak di pesisir barat Pulau Sumatra dan berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Provinsi ini memiliki panorama indah dan menyimpan nilai-nilai historis Indonesia. Bengkulu akan menjadi pilihan destinasi liburan Anda yang unik.

Pantai Panjang

Pantai Panjang

Lokasi Pantai Panjang tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu. Garis pantai yang sangat panjang sejauh 7 km. Sejumlah fasilitas penunjang pariwisata juga terdapat di sekitar pantai tersebut menjadikannya lokasi favorit wisata di Bengkulu.

Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi

Pantai ini berdekatan dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat di Bengkulu. Matahari terbenam yang begitu indah adalah pesona yang dapat Anda temukan di tempat wisata Bengkulu ini. Anda juga dapat menyaksikan keindahan laut Bengkulu dari bagian atas Tapak Paderi.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno

Presiden pertama Indonesia Soekarno menempati rumah ini pada tahun 1938–1942 saat diasingkan oleh Belanda. Di Bengkulu pula Soekarno bertemu dengan Fatmawati, gadis asli Bengkulu yang kemudian menjadi istrinya. Di sini, masih terdapat benda-benda sejarah peninggalan Bung Karno.

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough

Benteng pertahanan kekuasaan Inggris di kawasan pantai barat Sumatera dan sekaligus untuk mempertahankan Bengkulu sebagai daerah monopoli lada dan perdagangan. Dibangun oleh East India Company (EIC) tahun 1713–1719 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. 
 

Hutan Lindung Bukit Daun

Hutan Lindung Bukit Daun

Hutan Lindung Bukit Daun merupakan habitat bunga Rafflesia Arnoldi yang terletak Kabupaten Kepahiang. Hutan lindung ini kerap didatangi oleh banyak wisatawan. Terlebih saat kuntum bunga bangkai langka itu mekar.
 

Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah

Dikelilingi bukit-bukit hijau dan terletak di Kota Curup, Bengkulu Utara, sekitar 6 km dari pusat Kota Bengkulu. Berperahu dan menaiki rakit untuk mengelilingi danau adalah salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan.

Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari

Satu lagi danau indah di Bengkulu yang terletak di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, sekitar 17 km dari pusat Kota Curup. Sejumlah permainan dapat ditemui di danau ini sehingga menjadikannya lokasi yang tepat untuk liburan bersama keluarga.
 

Bukit Kaba

Bukit Kaba

Tidak jauh dari Danau Mas Harus Bastari terdapat Bukit Kaba, gunung api aktif tipe A. Tingginya mencapai 1.952 mapl. Bukit Kaba menyuguhkan pemandangan alam nan hijau dan menawan hati, cocok untuk aktivitas trekking. 
 

Pulau Tikus

Pulau Tikus

Pulau Tikus merupakan sebuah pulau di Bengkulu yang dikelilingi terumbu karang yang luas dan secara alami melindungi pulau dari abrasi akibat gelombang yang besar. Luasnya sekitar 1,5 hektare. Snorkeling di sekitar pulau merupakan kegiatan yang wajib dilakukan.

Tips Berlibur ke Bengkulu

Bagaimana cara bepergian di Bengkulu?

  • Anda bisa naik pesawat, bus, kapal laut, atau membawa kendaraan sendiri
  • Tentukan rute perjalanan Anda dan susunlah jadwal perjalanan, terlebih bila Anda ingin ke Pulau Tikus
  • Di Bengkulu tersedia mobil sewaan, bus, dan taksi

Makanan apa yang wajib dicoba di Bengkulu?

  • Pendap, gulai tempoyak, dan bagar kambing

Kegiatan apa yang bisa dilakukan di Bengkulu?

  • Mengunjungi Benteng Marlborough, rumah pengasingan Soekarno dan rumah Fatmawati
  • Melihat Pantai Panjang, Pantai Tapak Paderi, Danau Dendam Tak Sudah
  • Wisata Kota Bengkulu dan mengunjungi Museum Bengkulu
  • Snorkeling di Pulau Tikus dan Pulau Enggano
  • Trekking di Hutan Hujan Tropis Tahura, dan melihat bunga terbesar di dunia, Rafflesia Arnoldi alias bunga bangkai