Tentang Wakatobi

Wakatobi adalah nama sebuah pulau dan kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi merupakan singkatan dari nama-nama empat pulau utama yang membentuk kepulauan: Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi menjadi tempat yang legendaris untuk pengalaman bawah air. Tradisi budaya masyarakat sekitar juga memperkaya pesona kepulauan ini.

Transportasi

Ada penerbangan ke Bau-Bau, Sulawesi Tenggara dari berbagai kota, seperti Jakarta. Dari Bau-Bau, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan perahu ke Wakatobi.

6 Destinasi Wisata Favorit di Kepulauan Wakatobi

Wakatobi menjadi destinasi wisata impian bagi banyak orang, baik dari Indonesia ataupun mancanegara. Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara menawarkan pesona wisata bawah laut yang tak terkatakan indahnya. Nama Wakatobi sendiri merupakan kependekan dari empat pulau utama di Kepulauan Tukangbesi ini, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Destinasi paling terkenal adalah Pulau Tomia, yang dikenal karena keindahan titik-titik selamnya yang luar biasa.

Pantai Cemara

Dinamai Pantai Cemara karena barisan pohon cemara di tepiannya. Pasir putih dengan laut biru, hijau pepohonan, berlatar langit biru jadi pesona pantai ini. Lihatlah momen ketika anak-anak setempat bermain dengan cerianya di sini.

Pulau Hoga

IMG: JoshJackson84, flickr.com

Pulau Hoga

Selain bersih dan berpasir putih, pulau yang berada dekat Kaledupa ini makin cantik dengan jernihnya laut dan keindahan terumbu karangnya. Selain snorkeling, Anda pun bisa diving di Hoga, karena ada 12 situs penyelaman di sini.

Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi dengan 25 titik selam memiliki 112 jenis terumbu karang dan 93 jenis ikan. Keindahannya mampu memenuhi impian pecinta diving dan snorkeling, dengan gua-gua bawah laut, sangat indah di sepanjang karang.

Pulau Anano dan Runduma

Pulau yang dikelilingi laut dalam ini menjadi kampung halaman bagi penyu hijau. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan tukik-tukik bermunculan dari dalam pasir lembut, dan berbaris menuju laut biru untuk memulai kehidupan mereka.

Benteng Keraton Liya Togo

Konstruksi benteng peninggalan Kesultanan Buton ini tersusun atas batu-batu tanpa menggunakan perekat semen. Hamparan alam indah dan pepohonan yang mengelilinginya, serta laut di kejauhan menambah eksotisme benteng kuno ini.

Moli'i Sahatu

Pantai Mata Air Seratus, itulah nama lain dari Pantai Moli Sahatu yang terletak di Desa Patuno, Wangi-Wangi. Pantai ini unik karena adanya mata air tawar, di samping panorama memukau pantai pasir putih dan laut biru nan jernih.

Bukit Kahyangan

Naiklah ke Bukit Kahyangan, Pulau Tomia. Dari atas sana, pemandangan elok Pulau Tomia membuat Anda lupa waktu. Tampak juga Laut Banda dan Pulau Kaledupa di kejauhan. Di sini, Anda akan mendapat sunset terbaik seumur hidup Anda.

Pulau Sawa

Pulau tak berpenghuni dan dikelilingi hamparan pasir putih ini dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari Tomia. Dengan pantai menawan dan banyaknya spot snorkeling dalam perjalanan ke sini, menjadikan pulau ini layak dikunjungi.