Tentang Vietnam

Transportasi

10 Destinasi Wisata Terbaik di Vietnam

Bagi banyak traveler, Vietnam memiliki pesona tersendiri dengan kecantikan alamnya. Mulai dari hijaunya sawah terasering di daerah pegunungan utara, hingga eksotiknya kehidupan di sekitar Delta Mekong di selatan. Apalagi, negara ini juga memiliki sejarah panjang dan tradisi kuno yang pesonanya masih bisa dinikmati. Itulah yang membuat Vietnam kaya dengan destinasi bersejarah dan kuil-kuil tua cantik yang pantas Anda kunjungi.

Halong Bay

IMG: Alex Stoen, Flickr

Halong Bay

Dengan lebih dari 3.000 pulau, laut berair biru kehijauan, dan susunan pulau eksotik, Situs Warisan Dunia UNESCO ini memiliki kecantikan alam tropis sempurna. Berlayarlah dengan junk boat kayu untuk menikmati laut, bermalamlah di kapal untuk melihat kecantikan sunset, atau naik kayak untuk menyusuri perairan di celah-celah pulau kapur yang terselubung hutan tropis dengan danau dan gua-guanya.

 

Hoi An

IMG: Sacha Fernandez. Flickr

Hoi An

Berusia 2.000 tahun, kota kuno Hoi An memiliki kecantikan yang terpreservasi. Budaya Cham, China dan Vietnam bisa Anda nikmati melalui arsitektur dan keseharian masyarakat di Old Town, dengan toko, rumah kayu tradisional, taman bunga dan lentera. Tak jauh, lihatlah indahnya bukit-bukit berhutan, hamparan sawah, desa-desa nelayan, dan pantai berpasir keemasan Cua Dai, An Bang dan China Beach.

 

Hanoi

IMG: Lonely Planet

Hanoi

Hanoi yang tradisional dan suasananya santai sempurna untuk berjalan-jalan. Anda bisa melihat kecantikan situs seperti Imperial Citadel of Thang Long, Temple of Literature, Mausoleum Ho Chi Minh, Ethnology Museum, dan Hanoi’s Old Quarter atau “36 Streets”. Dengan danau-danau, boulevard yang rindang, kecantikan arsitektur bergaya kolonial Perancis di taman-taman bunganya akan membuat Anda kagum.

 

Phu Quoc

IMG: Zoe Shuttleworth, Flickr

Phu Quoc

Surga tropis nan romantis di Teluk Thailand ini dianugerahi dengan perairan hangat sebening kristal. Berjalan telanjang kaki di pasir putihnya yang lembut, menatap laut sewarna emerald, atau bersantai di hammock sambil membaca buku akan memberi Anda pengalaman liburan tak terlupakan. Jet ski, scuba diving dan snorkeling wajib Anda coba di sini. Saat malam, jangan lupa mencicipi seafood lezat.

 

Hue

IMG: all-free-photos.com

Hue

Sebagai ibukota kuno dari kerajaan Vietnam, kota ini menyimpan kenangan masa keemasan ketika Dinasti Nguyen berjaya di arsitektur bangunan, budaya, dan kulinernya. Hue terkenal dengan makanan lezat dan gadis muda dalam pakaian tradisional Ao Dai, bersepeda di tepian Sungai Perfume. Kota ini punya istana cantik, mausoleum, pagoda, seperti The Complex of Hue Monuments dan Thien Mu.

 

Nha Trang

IMG: ElDiPi, Flickr

Nha Trang

Anda mencari matahari? Dapatkan di salah satu kepulauan tercantik di Asia ini. Dengan alam tropis, garis pantai turquoise yang indah, dan terumbu karang kaya warna, Nha Trang menjadi destinasi favorit. Ingin menikmatinya seperti warga lokal? Berlayarlah, tangkap ikan, bakar dan nikmati di atas kapal. Nha Trang adalah surga kuliner. Makanan spesialnya? Bo La, daging yang dibumbui 5 jenis rempah.

 

Delta Mekong

IMG: vietnamexpresstravel.com

Delta Mekong

“Rice bowl of Vietnam” adalah kawasan subur dan kaya, di mana Sungai Mekong bermuara ke laut. Tempat hijau ini dipenuhi hamparan sawah yang menyediakan bahan pangan seluruh Vietnam, juga kaya dengan buah, sayuran dan berbagai ikan. Anda harus mencicipi ikan hotpot, keong bakar dalam saus blackpepper dan kelapa Ben Tre yang terkenal. Kuliner lezat itu dihidangkan oleh penduduk lokal yang ramah.

 

Mui Ne

IMG: Anneli Alekand, Flickr

Mui Ne

Mui Ne memiliki garis pantai indah berpasi putih yang membentang 10 mil, dikelilingi pepohonan palem dan bukit-bukit pasir merah dan keemasan yang terkenal, yang wajib Anda lihat. Perbukitan pasir ini terlihat lebih megah saat matahari tenggelam. Dengan curah hujan rendah, tempat ini ideal dikunjungi saat musim hujan. Karena angin pantainya, Mui Ne terkenal dengan kitesurfing dan windsurfing.

 

Ho Chi Minh City (Saigon)

IMG: silverlandhotels.com

Ho Chi Minh City (Saigon)

Yang membuat Saigon istimewa adalah budaya dan sejarahnya yang kaya. Bangunan kota memiliki gaya arsitektur yang kompleks dan beragam, budaya, sejarah, pengaruh Barat dan kehidupan jalanan yang memesona. Pastikan Anda mencicipi kopi nikmat ala Vietnam yang istimewa dan kehidupan malam dengan berbagai sajian buah, es krim, barbecue, dan hotpot, seafood segar, dan makan di perahu.

 

Sapa

IMG: findvietnam.com

Sapa

Kota Sapa terletak tak jauh dari perbatasan China dihiasi keindahan panorama hamparan sawah bertingkat di lembah Muong Hoa yang menghijau dengan vegetasinya, di antara kota dengan Gunung Fansipan, puncak tertinggi di Vietnam, berlatarkan kawasan hutan bambu yang rimbun. Penduduk yang bermukim di pegunungan ini menanam padi di teras rumah mereka, bersama dengan sayuran untuk sehari-hari.