Tentang Manado

Ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Manado adalah titik awal untuk mengeksplorasi banyak atraksi di kawasan Minahasa. Manado lebih dikenal untuk kehidupan bawah laut yang menakjubkan di Bunaken dan juga berbagai tempat untuk berjalan-jalan, mendaki, berarung jeram, bertualang, atau mengagumi atraksi warisan budaya.

Transportasi

Bandara Internasional Sam Ratulangi di Manado melayani penerbangan domestik dan internasional. Terlebih, bandara ini dapat menampung pesawat berbadan lebar. SilkAir adalah maskapai penerbangan internasional pertama yang terbang Singapura-Manado secara langsung. Di dalam negeri, ada penerbangan setiap hari ke Manado dari Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Papua, dan Balikpapan.

10 Destinasi Wisata Terbaik di Manado

Manado akan mengingatkan keindahan terumbu karang di Taman Laut Bunaken yang terkenal. Manado merupakan salah satu dari 10 Pulau Wisata Terbaik di Asia Tenggara dan Pasifik. Jangan lupa untuk wisata kuliner Manado yang eksotik, melihat Bukit Kasih, atau mengagumi keindahan Danau Tondano.

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Biota laut yang ada di situs warisan dunia UNESCO ini luar biasa kaya. Kamu bisa melihat beragam bentuk terumbu karang dan fauna dengan warna-warni cantik seperti angelfish hingga kima raksasa. Bunaken memiliki 39 titik selam.

Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak memiliki terumbu karang tak kalah indah dari Bunaken. Bedanya, Tumbak masih belum banyak dikenal orang. Taman laut ini terletak di Minahasa Tenggara. Pemandangan permukaan pantainya pun tak kalah indahnya.

Pulau Siladen

Pulau Siladen

Pulau ini dikenal dengan hamparan pasir pantai yang putih dan bersih, dengan air biru jernih. Pulau Siladen  terletak di timur Pulau Bunaken. Dengan dua titik selam penuh koral cantik, Siladen menawarkan  wisata laut dengan keindahan yang memikat.

Pulau Lembeh

Pulau Lembeh

Surga diving dan snorkeling ini punya 88 titik penyelaman. Kecantikan terumbu karang dan keanekaragaman biota lautnya pun tak kalah dengan Bunaken. Untuk snorkeling, diving atau sekedar menikmati keindahan pantai, Anda bisa sewa perahu nelayan.

Arung Jeram Sungai Sawangan

Arung Jeram Sungai Sawangan

Jalur arung jeram di sungai deras ini membentang 9 kilometer, bisa ditempuh selama kurang lebih dua jam. Selama rafting di Sungai Sawangan, Anda bisa menikmati pemandangan rimbunnya pepohonan yang dihuni monyet di tepi sungai.

Danau Tondano

Danau Tondano

Danau vulkanik ini memiliki pemandangan mempesona, khususnya ketika air danau yang tenang merefleksikan gunung-gunung yang jadi latar belakangnya. Anda bisa berperahu keliling danau untuk melihat Pulau Likri di tengah Tondano.

Taman Wisata Tandurusa

Taman Wisata Tandurusa

Hutan kecil yang indah ini menjadi tempat tinggal tarsius, primata terkecil di dunia endemik Sulawesi, juga rumah bagi hewan-hewan langka seperti kera hitam, babirusa, rangkong sulawesi, kuskus beruang, kakaktua hitam, dsb.

Boulevard Manado

Boulevard Manado

Lambang kota Manado ini memang jadi tempat terbaik untuk menikmati sunset dan mencicipi kuliner enak. Boulevard yang berada di sepanjang Jalan Pierre Tendean dipenuhi kafe dan restoran dengan kuliner khas Manado.

Gunung Tumpa

Gunung Tumpa

Wisata alam ini memperlihatkan salah satu sunset terindah di Manado. Keindahan matahari terbit dan terbenam di Gunung Tumpa telah menjadi fenomena. Anda bisa berburu foto-foto keren seluruh kota Manado dari puncak gunungnya.

Bukit Kasih

Bukit Kasih

Di bukit yang harus dicapai dengan menaiki 2.435 anak tangga ini, Anda bisa menemukan rumah ibadah dari lima agama resmi di Indonesia. Sepanjang perjalanan ke puncak bukit, Anda akan disuguhi pemandangan cantik kawah belerang.