Tentang Medan

Medan dijuluki sebagai “Paris dari Sumatera” karena kemiripannya dengan Kota Paris pada era penjajahan Belanda. Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya menjadi magnet yang paling kuat bagi wisatawan untuk mengunjungi ibu kota Provinsi Sumatra Utara ini.

Transportasi

Bandara Internasional Kuala Namu (KNO) adalah bandara terbesar kedua setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta dan melayani penerbangan domestik langsung ke banyak kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Pekanbaru, Yogyakarta, Padang, Palembang, Batam, Banda Aceh dan sebagainya. Ada juga beberapa penerbangan internasional ke Penang, Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Jeddah dan lain-lain.
Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan laut utama di Medan. Di sini tersedia layanan penumpang dan feri ke Penang, Langkawi serta beberapa kota di Indonesia, seperti Batam, Jakarta, dan Surabaya.
Rel kereta api menghubungkan Medan ke Binjai, Tanjungpura, Pelabuhan Belawan, Tebing Tinggi, Pematang Siantar dan juga kota-kota lainnya.
Medan juga terhubung dengan jalan Trans Sumatera, jalan utama di Sumatera dan jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa atau dikenal sebagai jalan tol Belmera. Sejumlah bus umum juga memiliki rute ke Medan dari berbagai kota, seperti Jakarta. Perjalanan Medan-Jakarta dapat memakan waktu lebih dari 48 jam.

12 Tempat Wisata Terbaik di Medan dan Sekitarnya

Daya tarik Medan tidak hanya karena letaknya yang dekat dengan Danau toba. Medan dihuni berbagai macam etnis dengan kebudayaan yang berbeda-beda.

Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit

Theme park yang berada di wilayah pegunungan ini memiliki udara sejuk dan pemandangan indah. Ada tiga tema di sini, yaitu Lost City, Toon Town, dan Heritage dengan berbagai wahana seperti roller coaster dan amphitheatere.

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Al Mashun ini terletak di tengah kota dan berusia lebih dari 100 tahun sejak dibangun pada 1906. Bangunan masjid ini mengadopsi corak campuran Maroko, Eropa, Melayu, dan Timur Tengah.

Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Gereja Graha Santa Maria Annai Velangkanni hampir mirip sebuah kuil Hindu. Tempat ibadah unik ini terbuka bagi semua umat, dan bangunannya begitu megah. Di samping bangunan utama, ada bangunan kecil kapel Maria yang dihiasi bunga.

Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie

Seperti masuk lorong waktu, itulah perasaan yang muncul saat memasuki Rumah Tjong A Fie. Gapura berornamen khas Tiongkok, gaya arsitektur khas Melayu, Eropa, dan Tionghoa berpadu apik di rumah bersejarah milik keluarga taipan Medan ini.

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso di Tongging adalah salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia. Matahari yang menembus air seringkali menciptakan pelangi yang menambah keindahannya, dan pemandangan Danau Toba yang menawan.

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Gunung ini berada di Berastagi, dekat Medan. Suasana pegunungan yang hijau, pemandangan apik dan udara sejuk menjadi alasan wisatawan betah berlibur di sini. Selain matahari terbit yang indah, dari puncaknya ada pemandangan Medan.

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air terjun setinggi 100 meter mempunyai keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan air terjun lainnya, yaitu memiliki dua warna, putih dan biru muda indah. Untuk mencapainya, Anda harus menapaki hutan yang melingkupi air terjun.

Danau Toba

Danau Toba

Danau vulkanik terbesar di dunia ini memang punya pemandangan alam yang begitu indah mempesona, berpadu udara sejuk dan bersih. Aktivitas populer di kawasan wisata Danau Toba ini adalah berenang, berperahu layar, hingga mendaki gunung.

Pulau Samosir

Pulau Samosir

Pulau kecil di tengah Danau Toba dapat diakses dengan kapal ferry, atau menggunakan jalur darat. Di Pulau Samosir, ada pemandangan alam indah, wisata sejarah, wisata budaya dan kuliner Batak, hingga permandian air panas.

Bukit Gundaling

Bukit Gundaling

Terletak di tepian kota Berastagi, Bukit Gundaling berada di ketinggian lebih dari 1,500 meter di atas permukaan laut. Destinasi wisata ini suasananya serupa dengan Puncak, Jawa Barat, dengan pemandangan alam indah dan udara dingin.

Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Sigura-gura

Air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 250 meter ini berada dekat Danau Toba. Ketinggian air terjun yang luar biasa menjadikan suara dentuman air terjun yang jatuh terdengar begitu jelas, dan menghasilkan pemandangan alam megah.

Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini

Destinasi wisata Berastagi ini punya pagoda tertinggi dan terindah di Indonesia. Kemegahan Pagoda emas cerah ini nampak indah di atas bukit. Selain itu, ada juga taman luas yang sangat indah dengan mengikuti kontur alam.

 

Tips Liburan ke Medan

Apa saja yang bisa dilakukan di Medan?

  • Liburan akhir pekan ke Danau Toba dan Pulau Samosir
  • Mengunjungi desa tradisional Jangga di mana Anda dapat menyaksikan pembuatan kain ulos
  • Melihat peternakan buaya di Asam Kumbang
  • Berkunjung ke Taman Nasional Tahura atau pasar buah di Berastagi
  • Air Terjun Sipiso-piso yang menakjubkan
  • Pergi ke Istana Maimun dan Masjid Agung Medan
  • Bberkunjung ke candi Budha terbesar di Indonesia Candi Maha Maitreya
  • Mampir ke Graha Bunda Maria Annai Velangkanni
  • Menyaksikan warisan berharga Rumah Tjong A Fie
  • Museum Sumatera Utara
  • Jalan - jalan di Merdeka Walk

Makanan apa yang harus dicoba di Medan?

  • Bika Ambon, lemang, durian, pancake durian, kue bolu meranti, dan sirup markisa.

Bagaimana dengan transportasi di Medan?

  • Bandara Internasional Kuala Namu adalah bandara pertama yang memiliki akses kereta api langsung ke kota. Ini merupakan cara tercepat untuk ke kota Medan.
  • Salah satu jenis transportasi unik di Medan adalah becak bermotor atau bentor untuk keliling kota.
  • Di beberapa tempat, ada kereta kuda yang disebut “sado”
  • Taksi dan minibus, yang dikenal sebagai sudako atau angkot juga tersedia
  • Apabila bepergian bersama keluarga, disarankan untuk menyewa mobil dengan sopir agar lebih nyaman
  • Untuk mengunjungi Danau Toba atau Pulau Samosir, Anda dapat menaiki bus dari Medan ke Parapat. Ada upacara tahunan Festival Danau Toba di bulan September, di mana banyak upacara adat tradisional dilakukan sebagai penghormatan kepada nenek moyang warga setempat
  • Jangan ragu untuk menawar ketika berbelanja di pasar tradisional
  • Hati-hati dengan pencopet yang kerap berkeliaran