Aktivitas di Batam & Bintan

Tentang Batam & Bintan

Tulisan “Welcome To Batam” terpampang di Bukit Clara di Batam, Kepulauan Riau. Rangkaian kata-kata itu seolah mengajak orang yang membacanya untuk mengunjunginya. Terletak berdekatan Singapura, Batam merupakan pulau favorit bagi warga dan wisatawan di sekitarnya yang ingin lebih dekat dengan alam atau bersantai. Bintan adalah sebuah kabupaten dan pulau di Provinsi Kepulauan Riau. Tanjungpinang merupakan ibu kota provinsi ini. Bintan mendapat julukan “Bumi Segantang Lada". Julukan yang sangat tepat untuk menggambarkan betapa banyaknya pulau yang ada di daerah ini. Bintan memiliki potensi besar di bidang pariwisata. Iklim dan kondisi alam yang eksotis menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik dan mancanegara, terutama dari Singapura.

Transportasi

Batam memiliki Bandara Internasional Hang Nadim. Melalui bandara ini, orang-orang dari berbagai kota di Indonesia, misalnya Pekanbaru, Palembang, Medan, Jakarta, dan Surabaya bisa ke Batam. Bandara ini juga melayani penerbangan internasional dari dan ke Malaysia. Batam juga bisa diakses dengan kapal feri dari berbagai kota lain di Indonesia dan Singapura serta Malaysia. Bintan bisa diakses dengan pesawat udara melalui Bandara Tanjungpinang atau Bandara Internasional Hang Nadim di Batam. Dari Batam, Anda dapat pergi ke Bintan dengan kapal feri, dengan keberangkatan setiap hari dari Batam ke Lagoi atau Tanjung Pinang. Kapal feri juga tersedia langsung dari Singapura dan Malaysia ke Bintan.

Mengenal Batam & Bintan

5 Tempat yang Harus Anda Kunjungi di Bintan

Pulau Bintan adalah sebuah pulau di Provinsi Kepulauan Riau. Di pulau inilah terletak Kota Tanjungpinang, ibukota provinsi.

Pantai Lagoi

Pantai Lagoi

Nikmati pemandangan barisan pepohonan kelapa yang berjejer di tepi pantai dengan lingkungan yang masih bersih. Di sini juga terdapat hutan bakau dan Sungai Sebong yang juga menarik untuk dikunjungi.

Pantai Trikora

Pantai Trikora

Pantai Trikora berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang. Pantai ini memiliki air laut yang biru dan pasir yang putih. Bebatuan besar yang terdapat di sekitar pantai menambah keindahan Pantai Trikora.

Pulau Penyengat

Pulau Penyengat

Pulau Penyengat menyimpan jejak peninggalan Kerajaan Melayu Riau. Walau tidak besar, pulau ini cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Di pulau ini juga terdapat Masjid Sultan Riau dengan arsitektur khasnya.
 

Bintan Resort

Bintan Resort

Salah satu tujuan wisata utama di Bintan adalah Bintan Resort. Luas kawasan ini sekitar 2.300 hektar. Resort ini di atas lautan pasir putih serta menghadap langsung ke arah Laut Cina Selatan.
 

Tanjungpinang

Tanjungpinang

Ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Kunjungi Hutan Bakau Sei Carang yang menjadi kebanggaan masyarakat serta Vihara Avalokitesvara Graha, vihara Buddha terbesar se-Asia Tenggara. Ada pula Tugu Pensil yang merupakan simbol pemberantasan buta huruf di Kepulauan Riau.

Tips Liburan ke Bintan

Kegiatan apa yang bisa dilakukan di Bintan?

  • Berenang, memancing, menyelam, snorkelling di Bintan Resort
  • Menikmati pemandangan laut di Lagoi
  • Main golf
  • Wisata ke Pulau Nikoi
  • Rekreasi keluarga di Pantai Trikora
  • Melihat rumah kuno di Senggarang
  • Menyusuri jejak peninggalan Kerajaan Melayu Riau di Pulau Penyengat
  • Wisata mengelilingi ekosistem hutan bakau
  • Berkunjung ke kuil Banyan Tree atau Chinese Temple
  • Berbelanja di Pasar Basah

Makanan apa yang bisa dicoba di Bintan?

  • Gonggong (sejenis siput), kepiting bumbu pedas, udang kukus, ikan panggang saus pedas, udang mabuk dan lain-lain.

Apa yang harus Anda ketahui tentang Bintan?

  • Bintan memiliki sedikit angkutan kota tetapi Anda bisa menyewa mobil atau motor untuk keliling Bintan